Jika Lolos ke Final Piala Super Spanyol, Real Madrid Lebih Mematikan Daripada Barcelona

Real Madrid lebih sukses daripada Barcelona sekalinya mereka berhasil sampai ke final Supercopa de Espana, memenangkan 11 dari 16 kesempatan bertarung memperebutkan siapa tim terbaik di Spanyol.

Blaugrana memang lebih banyak memenangkan gelar Piala Super Spanyol sepanjang sejarah, merebutnya pada 13 kesempatan, tapi hal itu diperoleh melalui 24 kesempatan pertarungan di final, setara dengan kesuksesan 54 persen.

Sementara itu Los Blancos memenangkan 11 dari 16 penampilan di final kompetisi ini, setara dengan tingkat kesuksesan hampir 69 persen.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Athletic Bilbao ada di posisi ketiga klub tersukses pada turnamen ini bersama Deportivo La Coruna dengan tiga kali. Bedanya, Bilbao menjadi juara tiga kali dari lima kesempatan. Keberhasilan terkininya terjadi tahun 2021 saat menang 3-2 extra time atas Barcelona.

Sementara itu La Coruna tenggelam dalam kenangan masa lalu. Tim yang kini merumput di divisi ketiga sepak bola Spanyol itu pernah tiga kali menjadi juara (1995, 2000, 2002) dari tiga kesempatan mereka lolos ke final Supercopa de Espana. Kesuksesan 100 persen, tapi seluruhnya di masa silam!

Secara mengejutkan Atletico Madrid ternyata hanya dua kali pernah meraih trofi ini, sekali pun masuk ke final tujuh kali.

Format Baru Piala Super Spanyol

Bagi Anda yang terkejut dengan format baru, sebenarnya format dua semifinal dan satu final ini sudah pernah dipakai pada Piala Super Spanyol tahun 2020 dan 2021.

Pada kesempatan format baru Supercopa de Espana pertama, Real Madrid mengalahkan Valencia dengan skor 3-1 pada semifinal, Atletico Madrid menang 3-2 atas Barcelona pada semi final lainnya. Los Blancos kemudian menang adu penalti atas Rojiblancos pada partai final yang diselenggarakan 12 Januari 2020 di King Abdullah Sports City di Jeddah.

Pada musim selanjutnya, format dua semifinal dan satu final kembali diulangi, tapi di tanah Spanyol karena adanya krisis kesehatan dan pembatasan masuk negara lain akan memperumit situasi. Pada musim 2020/21, Blaugrana menang atas Real Sociedad pada semifinal pertama, sebelum Athletic Bilbao membuat kejutan dengan menang 2-1 atas Real Madrid pada semifinal lainnya. Di final, seperti sudah disebutkan, gol Inaki Williams pada masa extra time tak bisa dibendung Lionel Messi dan kawan-kawan, membawa kemenangan 3-2.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO