Joachim Loew Tinggalkan Timnas Jerman, Ini Lima Kandidat Penggantinya

Gila Bola – Joachim Loew akan tinggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Jerman tahun ini. Die Mannschaft pun akan menyeleksi lima kandidat penggantinya.

Pelatih 61 tahun itu mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri dari posisinya saat ini pada musim panas mendatang. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dan Hansi Flick yang masih mengasuh Bayern Munchen pun disebut-sebut berpeluang besar mengisi posisi Loew selanjutnya.

Saat mengakhiri masa jabatannya pada musim panas mendatang, Loew akan tercatat sudah mengasuh Timnas Jerman selama 15 tahun. Ia, tepatnya, akan mundur dari tim nasional setelah gelaran Piala Eropa 2020 yang diundur hingga pertengahan tahun ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Joachim Loew sebelumnya berhasil membawa Jerman meraih kemenangan di Piala Dunia 2014. Dengan demikian, ia akan meninggalkan peran besar yang harus bisa diisi penerusnya, yang akan segera diseleksi Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) sesegera mungkin.

Jurgen Klopp sudah lama didiskusikan sebagai calon pengganti Loew, saat pelatih yang pernah mengasuh klub di Jerman, Austria dan Turki itu mengundurkan diri. Klopp bahkan dinilai sebagai kandidat pengganti Loew yang paling ideal.

Meski demikian, Hansi Flick juga layak dipertimbangkan. Apalagi pelatih Bayern Munchen itu pernah menjadi asisten Loew beberapa waktu lalu.

Selain itu ada pula pelatih Timnas Jerman U-21, Stefan Kuntz, yang disebut-sebut layak gantikan Joachim Loew. Apalagi Kuntz memang terlibat dalam pembinaan timnas, sebelum akhirnya ia mengambil alih posisi pelatih tim U-21. DFB kemungkinan akan mempertimbangkannya dan mempromosikannya sebagai kandidat dari dalam tim nasional.

Begitu juga dengan Ralf Rangnick, sekarang berusia 62 tahun, dan sudah meninggalkan perannya sebagai salah satu pejabat di Red Bull, ia juga menjadi satu lagi sosok yang dipertimbangkan layak gantikan Loew.

Berikut ini ulasan lima kandidat pengganti Loew, seperti dilansir Mirror:

Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool itu tengah hadapi kemelut di klubnya, meski reputasinya diyakini tak pernah pudar. Saat ini, ia tengah hadapi masalah karena klubnya melorot ke posisi delapan klasemen Liga Premier, akibat kekalahan demi kekalahan yang dialami belakangan ini.

Meski demikian, kandidat pengganti Joachim Loew yang satu ini cukup berhasil membawa The Reds meraih penghargaan domestik maupun Eropa dalam dua tahun terakhir ini. Karena itulah, Klopp tetap dinilai sebagai pelatih papan atas di negerinya.

Di tangannya, Borussia Dortmund cukup berkembang, di mana ia juga berhasil mempersembahkan gelar juara Bundesliga di tahun 2011 dan 2012.

Di saat Klopp mungkin menjadi kandidat pengganti Jochim Loew yang dianggap luar biasa, kontrak jangka panjang yang harus dijalaninya di Anfield bisa mengakhiri harapan Jerman untuk segera memanggilnya pulang.

Selain itu, pelatih 53 tahun tersebut diyakini tertarik untuk membangun kembali skuad Liverpool-nya, setelah mereka alami penurunan drastis musim ini. Meski demikian, Klopp telah mengakui keinginannya untuk tinggalkan klub itu dalam kondisi yang menjanjikan, sehingga dia tak punya urusan yang belum dituntaskannya di Merseyside.

Hansi Flick

Pelatih Bayern Munchen ini selalu menjadi sosok yang diminati, khususnya saat ia berhasil mempersembahkan treble untuk klubnya. Ia juga punya pengalaman mengasuh Timnas Jerman, dan hal itu diyakini akan menguntungkan.

Kandidat pengganti Joachim Loew ini baru bertugas di klub raksasa Jerman itu selama satu tahun lebih, setelah sebelumnya menjadi asisten pelatih Die Roten. Namun selama di Allianz Arena, Flick telah memenangkan semua trofi yang bisa dimenangkan di setiap musimnya.

Sejauh ini, Flick memang terkesan akan lebih mudah dijangkau Timnas Jerman ketimbang Klopp. Namun, berbagai hal dipastikan akan dipertimbangkan dalam negosiasinya.

Arsene Wenger

Mantan manajer Arsenal ini sudah tak lagi melatih sejak ia tinggalkan Emirates pada tahun 2018. Tentu saja, situasinya yang tersedia dengan mudah bagi Timnas Jerman akan menjadi nilai tambah, jika mereka benar-benar mempertimbangkan Wenger sebagai salah satu kandidat pengganti.

Wenger, di usianya yang sudah mencapai 71 tahun, kemungkinan cocok untuk menangani manajemen internasional, dengan kata lain mengisi posisi Joachim Loew, karena dia akan menangani pekerjaan yang lebih lambat daripada pekerjaan di manajemen klub.

Namun, apakah situasinya yang kurang sukses bersama Arsenal di satu dekade terakhirnya layak dipertimbangkan atau tidak, hal itu masih harus dicermati lagi. Meskipun secara individual, dia memiliki pengetahuan luas yang akan membuatnya sangat dihormati para pemainnya.

Stefan Kuntz

Dia menjadi sosok yang sangat diingat penggemar sepak bola, setelah ia mencetak gol ke gawang Inggris di Wembley pada gelaran Euro 96.

Kandidat pengganti Joachim Loew yang kini berusia 58 tahun itu mengasuh Timnas Jerman U-21 sejak tahun 2016, dan berhasil membawa mereka ke Kejuaraan Eropa pada tahun 2017.

Itu berarti, Kuntz sudah berhasil mengelola dan mengembangkan karir pemain internasional terkini, seperti halnya Serge Gnabry, Robin Koch dan Luca Waldschmidt.

Ralf Rangnick

Pelatih yang sudah berusia 62 tahun ini belum lama menolak tawaran untuk melatih Chelsea, dan sempat dikaitkan dengan Timnas Inggris di masa lalu. Klopp sendiri memanggilnya sebagai ‘salah satu pelatih terbaik, jika bukan pelatih Jerman terbaik’.

Pengaruh kandidat pengganti Joachim Loew yang satu ini di dunia sepak bola Jerman tidak ada tandingannya, di mana Klopp, Thomas Tuchel dan Julian Nagelsmann semuanya sudah bekerja di bawah arahannya.

Faktanya, di awal musim ini, tujuh dari 18 klub Bundesliga dikelola oleh para pelatih yang seluruhnya pernah bekerja bersama Rangnick.

Terakhir, dia mengasuh RB Leipzig yang saat itu sedang naik daun. Namun, ia akhirnya meninggalkan jabatannya di klub itu pada tahun 2019 dan kini punya peluang besar gantikan Loew di Timnas Jerman.