Jose Mourinho Jagokan Manchester United Juara Liga Europa

Gilabola.com – Jose Mourinho sebut Manchester United merupakan salah satu tim papan atas yang tidak pantas berada di kompetisi Liga Europa tapi hal itu sudah diprediksi akan terjadi karena harus bersua klub-klub kuat di Grup H Liga Champions.

The Red Devils gagal meraih kemenangan pada laga hidup-mati melawan RB Leipzig dengan skor 3-2, Rabu (9/12). Padahal United membutuhkan setidaknya hasil imbang tapi bermain terlalu ceroboh dan sudah tertinggal dua gol dari babak pertama.

Hasil laga tunda PSG vs Istanbul Basaksehir tidak mempengaruhi nasib Setan Merah dan anak asuh Ole Gunnar Solskjaer itu harus duduk pada posisi ketiga Grup H, turun ke kompetisi Liga Europa.

Advertisement

Khusus di Indonesia kegagalan Manchester United ini menjadi bahan bulan-bulanan karena akun Twitter resmi klub pernah mengeluarkan cuitan bernada merendahkan dengan kalimat “Gini doang nih grup neraka?” pada akhir Oktober 2020 lalu, saat mereka menang dua kali beruntun lawan PSG dan RB Leipzig.

Ternyata Jose Mourinho pun mengeluarkan komentar soal kegagalan United ini, meyakini bekas klub asuhannya itu tidak pantas berada di Liga Europa karena layak menjadi salah satu unggulan di Liga Champions.

“”Manchester United menjadi salah satu unggulan menjadi juara kompetisi ini [Liga Europa]. Tim-tim yang terjegal di Liga Champions biasanya tim kuat dan biasanya tidak pantas berada di level Liga Europa,” kata pria asal Portugal itu pada konferensi pers jelang laga Tottenham Hotspur melawan Royal Antwerp.

“United merupakan salah satu tim papan atas. Grup [H itu] merupakan grup sulit dengan diisi Paris Saint-Germain dan Leipzig. Kita sudah tahu dari awal grup tersebut tidak akan mudah bagi mereka dan tim satu tim kuat akan terlempar ke Liga Europa.”

Namun Mourinho, yang pernah mengasuh Setan Merah pada periode 2016 sampai 2018 dan dipecat hanya beberapa bulan setelah memenangkan trofi kasta kedua Eropa itu, mengatakan bahwa ia tidak mendukung sistem bahwa sebuah tim yang gagal di Liga Champions bisa memainkan kompetisi lain kasta di bawahnya.

“Tapi dari sudut pandang olahraga, hal ini menurut saya tidak adil. Sebuah tim yang tidak berhasil dalam satu kompetisi turun ke kompetisi lainnya. Bayangkan tim ketiga di Liga Europa – sekarang ada kompetisi lain – dan tim ketiga, alih-alih finish, pergi ke kompetisi lain dalam hierarki sepak bola Eropa. Dalam sepak bola, ketika karena alasan tertentu kita gagal, sial, [ya tunggu] musim depan. Tapi begitulah adanya dan bukan masalah bagi saya.”

Ditanya soal insiden rasis yang terjadi di laga PSG kontra Istanbul Basaksehir yang berakhir dengan penundaan pertandingan, Jose Mourinho mengutuk aksi rasisme di sepak bola. “Setiap bentuk rasisme harus dilawan dan tidak boleh diterima,” tegasnya.