Juara Serie A Diadu Kontra Kampiun Coppa Italia, Siapa Menang?

Gila Bola – Juara Serie A diadu melawan kampiun Coppa Italia adalah esensi dari Supercoppa Italia, yang laga-laga semifinalnya akan dimulai pada nanti malam dan besok.

Ternyata menurut data, juara Liga Italia lebih dominan dan jumlahnya jauh melebihi juara Coppa Italia dalam memenangkan kompetisi Piala Super Italia ini. Sebanyak 24 kali sepanjang sejarah pemegang Scudetto lebih unggul daripada juara piala domestik itu.

Hanya ada sembilan kesempatan sepanjang sejarah, kampiun Coppa Italia berhasil merebut trofi Supercoppa Italiana ini. Lebih sering, yakni 18 kali, mereka pulang dari final tersebut sebagai runner-up.

Sebaliknya untuk mereka yang menang dan menjadi juara Liga Italia, hanya 11 kali pulang dengan rasa kecewa, gagal meraih trofi Supercoppa itu.

Musim Ini Siapa Juara Serie A, Siapa Kampiun Coppa Italia?

Napoli, yang nanti malam bertanding, adalah juara Serie A dan merebut Scudetto pada akhir musim kemarin, 2022/23.

Fiorentina, yang akan menjadi lawan pasukan Walter Mazzarri pada laga Jumat dinihari (19/1), adalah runner-up kompetisi piala Coppa Italia musim kemarin, kalah 2-1 dari skuad Simone Inzaghi pada final di Stadio Olimpico di Roma.

Sebagai hasil dari kemenangan atas Gagliati tersebut, Inter dengan demikian menjadi juara piala domestik itu akhir musim lalu dan akan menghadapi Lazio pada semifinal kedua yang digelar Sabtu dinihari (20/1).

Lazio adalah tim urutan kedua klasemen Serie A pada sebuah musim yang sangat didominasi oleh Partenopei. Ada jarak 16 POIN antara Biancocelesti di urutan kedua dan tim kota Naples itu di posisi pertama. Lazio 74 poin, Napoli 90 poin pada akhir musim.

Perubahan Format Supercoppa Italiana Menjadi Empat Tim

Kita sudah melihat perubahan ini terjadi di tempat lain. Di Spanyol misalnya, sudah beberapa musim berlangsung dalam empat tim, didahului oleh dua partai semifinal dan akhirnya final.

Tapi di Italia baru tahun ini. Sebelumnya pemegang Scudetto langsung diadu lawan kampiun Coppa. Kini runner-up liga ikut pergi ke Riyadh, Arab Saudi. Demikian juga runner-up piala domestik itu.

Napoli akan menjadi sorotan nanti malam untuk dua alasan. Pertama, mereka baru saja mendapatkan pelatih baru dalam diri Walter Mazzarri, dan alasan kedua, Partenopei tengah dalam performa buruk di ajang Serie A.

Klub yang berbasis di Stadio Diego Maradona itu mengakhiri musim kemarin sebagai juaranya, unggul 16 poin atas tim urutan kedua Lazio. Tapi coba lihat di manakah mereka saat ini?

Urutan delapan klasemen dengan nilai 31 setelah setengah musim berlalu, yang artinya jika laju perolehan nilai dikalikan dua maka Napoli hanya akan mengakhiri musim ini dengan nilai 62 saja.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!