Jurgen Klopp Tak Yakin Van Dijk Perkuat Liverpool di Final Piala Dunia Antarklub

Gilabola.com – Jurgen Klopp mengaku tak yakin apakah bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk, bisa turun di final Piala Dunia Antarklub melawan Flamengo akhir pekan ini.

The Reds dipastikan melaju ke final ajang tahunan ini setelah menang 2-1 atas Monterrey, Kamis (19/12) dinihari tadi. Di final, skuad asuhan Klopp sudah ditunggu jawara Brasil, Flamengo, yang sebelumnya kalahkan Al-Hilal di semi-final.

Namun, Van Dijk yang ikut rombongan the Reds ke Qatar sudah tak dimainkan di semi-final, karena alasan sakit. Bek asal Belanda itu bahkan tak muncul dalam sesi latihan yang digelar Liverpool di Universitas Qatar.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Klopp sebelumnya menyatakan Van Dijk ‘baik-baik saja’ usai sesi pembukaan di Doha, Qatar. Tapi, ia tampaknya semakin buruk dalam persiapan pertandingan yang digelar the Reds, Rabu malam waktu setempat.

Jurgen Klopp akhirnya terpaksa untuk mainkan Joe Gomez bermitra dengan gelandang Jordan Henderson di pusat lini pertahanan Liverpool, saat mereka hadapi tim asal Meksiko, Monterrey, dinihari tadi. Pelatih asal Jerman itupun mengakui, Van Dijk kemungkinan akan absen di laga final melawan Flamengo, Minggu (22/12) dinihari.

“Kami tak punya petunjuk soal Virgil, kami pikir dia akan baik-baik saja. Kita lihat saja nanti,” tandas Klopp kepada BBC, seperti dilansir Mirror.

“Itu keputusan yang mudah (untuk tidak memainkannya). Dia masih belum latihan pagi ini. Sulit bagi Henderson sebenarnya untuk berurusan dengan lini belakang, tapi dia melakukannya dengan baik. Saya tidak tahu, seberapa cepat Virgil akan pulih,” tambah Klopp.

Klub Merseyside itu berhasil mencapai final setelah gol kemenangan 2-1 dibukukan Roberto Firmino di masa injury time 90+1, yang berhasil menyelamatkan The Reds dari babak perpanjangan waktu. Sebelumnya, Naby Keita membawa Liverpool unggul di menit ke-11, yang sayangnya berhasil disamakan Rogelio Funes Mori tiga menit kemudian.

Tentunya, bagi sang kapten, Jordan Henderson, ini menjadi laga yang dipenuhi perasaan yang campur-aduk. Pasalnya, ia harus bermain di lini belakang yang sama sekali tidakk pernah dijabaninya. Tapi, gelandang Timnas Inggris ini berhasil melakukan yang terbaik untuk klubnya. Bravo Hendo!!

“Permainan sedikit berbeda di lini pertahanan. Saya hanya berusaha melakukan yang terbaik. Yang terpenting, menang, kami berusaha bertahan dengan baik di seluruh jalannya laga. Secara keseluruhan, kita harus senang dengan apa yang sudah kami jalani,” tandas Henderson.

Liverpool berutang budi kepada kiper asal Brasil, Alisson Becker, untuk sejumlah intervensi penting yang dilakukannya dalam laga itu. Jurgen Klopp pun memuji penghenti tembakan lawan tersebut, karena penampilannya yang sangat berpengaruh.

“Yang Anda butuhkan hanyalah Allison Becker, Allison Becker. Dia ada di sana pada saat-saat yang menentukan. Permainan yang sangat sulit, gol indah, pertandingan hebat, atmosfer yang super sekali,” ungkap pelatih 52 tahun itu.

“Kami telah membawa beberapa pemain muda dan melihat apa yang bisa kami lakukan secara bijak. Kami ingin bermain di final dan melihat apa yang bisa kami lakukan,” tambahnya.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO