Kekecilan, Liverpool Tak Bisa Gunakan Anfield Jadi Tuan Rumah Laga Euro 2028

Liverpool tak akan melihat Anfield menjadi tuan rumah pertandingan Euro 2028 karena Uefa menilai stadion klub Merseyside itu ‘kekecilan’.

Gila Bola – Inggris dan Irlandia telah mendaftarkan diri untuk menjadi tuan rumah gelaran tersebut. Namun, jika berhasil, Anfield tak akan menjadi tuan rumah bagi satu pertandingan pun karena ukuran lapangannya yang tak penuhi standar.

Lima negara telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah dari turnamen tersebut untuk kurun waktu enam tahun, dan seluruhnya dipandang sebagai favorit. Namun, jika Inggris ingin lolos sebagai tuan rumah, tak akan ada laga yang digelar di Merseyside kecuali stadion baru yang memiliki kapasitas 52.888 tempat duduk milik Everton di kawasan dermaga sudah rampung dibangun.

Sedangkan Anfield – stadion kebanggaan Liverpool, dinilai tak sesuai dengan aturan yang ditetapkan Uefa di mana lapangan yang akan digunakan untuk turnamen itu harus memiliki dimensi tetap 105 meter kali 68 meter. Sedangkan permukaan lapangan milik The Reds tersebut hanya memiliki panjang 101 meter – dan itu sudah tak bisa diperpanjang lagi, karena jaraknya yang terlalu dekat dengan tribun di ujung The Kop dan Anfield Road.

Terdapat 16 stadion yang harus dipilih dalam proposal yang diajukan oleh lima negara, tapi pejabat yang terkait Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menginformasikan kepada The Reds bahwa Anfield tak penuhi syarat untuk menggelar laga Euro.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Sebaliknya, diungkapkan Mirror, Everton hanya perlu merampungkan pembangunan stadion baru mereka, walaupun keputusan Uefa nantinya masih bisa dipengaruhi dengan kemungkinan degradasi yang dialami The Toffees.

Everton diperkirakan bisa merumput di stadion baru mereka pada musim 2024/25 – beberapa tahun sebelum turnamen Euro 2028 digelar.

Sedangkan Liverpool, terakhir kali menjadi tuan rumah pertandingan Timnas Inggris pada tahun 2006, saat The Three Lions kalahkan Uruguay 2-1. Skuad Inggris saat itu beberapa kali harus bermain di luar Wembley, tapi Anfield belum dimanfaatkan.

Stadion Wembley diharapkan akan menjadi pusat tawaran Inggris untuk gelaran Euro 2028 tersebut, di mana beberapa arena di sekitar Inggris dan Irlandia akan menjadi pendukung tawaran tersebut. Sedangkan Stadion Aviva di Dublin, Stadion Principality di Cardiff dan Hampden Park di Glasgow diharapkan akan menjadi tuan rumah dari beberapa pertandingan, jika Inggris direstui menjadi tuan rumah.

Idealnya, tawaran untuk menjadi tuan rumah Euro harus mencantumkan 10 nama stadion. Salah satunya harus memiliki kapasitas 60 ribu tempat duduk, lalu satu stadion lain – bahkan dua stadion, harus memiliki 50 ribu tempat duduk, empat stadion harus berkapasitas 40 ribu tempat duduk dan tiga stadion lainnya dengan 30 ribu tempat duduk.

Pada bulan lalu, FA telah membuat pernyataan bersama asosiasi sepak bola Irlandia Utara, Republik Irlandia, Skotlandia dan Wales terkait turnamen ini. “Pemerintah Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales telah menyatakan dukungan mereka untuk mengajukan ketertarikan terkait hal ini. Mengingat pengurus sepak bola Irlandia Utara tak ikuti pertemuan secara formal, mereka tetap terus mengamati prosesnya dengan cermat,” demikian pernyataan bersama tersebut.

“Ini menjadi kemitraan lima asosiasi yang belum pernah ada, dan menawarkan sesuatu kepada sepak bola Eropa, termasuk potenssi untuk kemungkinan turnamen yang diperluas, dan kami bersemangat untuk memaksimalkan keberlanjutan dan manfaat warisan untuk komunitas di seantero Inggris serta Irlandia,” lanjut pernyataan itu.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaPrediksi Euro 2020: Bakal Ada Juara Baru, Tapi Bukan Perancis
SelanjutnyaTawaran FINAL Man Utd Untuk De Jong, Siap Jadikan Dia Pemain Bayaran Tertinggi di Inggris!