Kesehatan Van Gaal Menurun, Ronald Koeman Tetap Latih Belanda Usai Piala Dunia

Ronald Koeman baru akan gantikan Louis van Gaal melatih Timnas Belanda usai Piala Dunia Qatar di akhir tahun ini.

Gila Bola – Van Gaal belakangan ini harus jalani perawatan kanker prostat yang dideritanya, tapi mantan pelatih Manchester United berusia 70 tahun itu tetap mengasuh Timnas Belanda jelang Piala Dunia yang akan digelar pada bulan November dan Desember 2022.

Sementara Koeman, pada akhir bulan lalu memang sudah diberitakan akan kembali melatih Daley Blind dan kawan-kawan di skuad Oranje, dan sudah teken kontrak hingga Piala Dunia 2026.

“Dengan bangga saya berbagi kabar bahwa saya akan kembali menjadi manajer Timnas Belanda setelah Piala Dunia. Saya tak sabar menantikannya, mari kita meraih sukses bersama-sama!,” demikian ungkap Ronald Koeman dalam akun Twitter resminya.

Saat mantan pelatih Barcelona itu masih mengasuh tim nasional, Belanda berhasil finish di posisi kedua Uefa Nation League di musim 2018/19 dan membantu negaranya lolos kualifikasi Euro 2020, sebelum akhirnya hengkang dan lakoni karir yang menyesakkan di Camp Nou.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Pelatih 59 tahun yang juga pernah mengasuh Southampton dan Everton itu pernah membela Belanda sebagai pemain sepakk bola dalam 78 laga dann mencetak 14 gol. Koeman menjadi bek tengah andalan di timnya saat Belanda memenangkan trofi di Kejuaraan Eropa tahun 1988.

“Saya menantikan kolaborasi baru. Sekitar satu tahun setengah yang lalu, saya meninggalkan Timnas Belanda bukan karena rasa tidak puas. Saya merasa baik-baik saja, hasil tim juga bagus dan klik dengan para pemain internasional pun bagus. Kami akan lanjutkan langkah itu di masa datang,” tambah Ronald Koeman dalam sitis resmi Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Diungkapkan Irish Examiner, Timnas Belanda berhasil bertengger di posisi teratas grup dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana mereka akan bertemu tuan rumah Qatar – tim terlemah dari Pot 1, Senegal dan Ekuador dalam turnamen yang akan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember tersebut.

“Saya tidak ingin menunggu untuk mengisi posisi Louis van Gaal. Perubahan pelatih akan terjadi pada saat yang tidak biasa, yakni pada akhir tahun kalender, periode di mana pelatih papan atas telah dikontrak untuk waktu yang lama,” ujar Direktur Sepak Bola Profesional KNVB,┬áMarianne van Leeuwen.

“Sudah sejak pertengahan bulan Januari, kami memutuskan untuk menghubungi Ronald Koeman, yang saat itu tersedia untuk kami panggil kembali. Kami sangat senang, Ronald akan kembali tahun depan,” tambahnya.

“Selama masa kepelatihan dia sebagai pelatih nasional sebelumnya, ada kepuasan yang luar biasa terkait kinerja dan hasil yang didapatkan tim,” tandas Van Leeuwen.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET
SebelumnyaPrediksi Euro 2020: Bakal Ada Juara Baru, Tapi Bukan Perancis
SelanjutnyaTawaran FINAL Man Utd Untuk De Jong, Siap Jadikan Dia Pemain Bayaran Tertinggi di Inggris!