Krisis Covid-19 Belum Berakhir, Southgate Khawatir Euro 2021 Dibatalkan

Gilabola.com – Manajer tim internasional Inggris Gareth Southgate mengakui bahwa dirinya khawatir penyelenggaran Euro 2020, yang kini resmi diundur menjadi Euro 2021 pada musim panas mendatang, bisa dibatalkan karena krisis virus corona belum berakhir.

Belum ada tanda-tanda bahwa pandemi akan segera berakhir, dengan wilayah Inggris termasuk negara yang kabarnya belakangan mengalami peningkatan kasus, termasuk banyak pemain bola Premier League yang terinfeksi virus, seperti trio Liverpool Sadio Mane, Thiago Alcantara, dan Xherdan Shaqiri.

Sementara di wilayah Eropa lain juga masih menunjukkan jumlah kasus yang lumayan, seperti di sepak bola Italia dengan 14 anggota tim Genoa terinfeksi virus, sementara kasus serupa juga bahkan membuat pemain Napoli gagal meninggalkan kota Naples untuk bermain melawan Juventus di akhir pekan lalu.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Tak pelak manajer timnas Inggris Gareth Southgate mengaku khawatir dengan masa depan kejuaraan Eropa musim panas ini, sembari dia juga menyebut bahwa format Euro harus berubah jika turnamen ini tetap digelar Juni nanti.

The Three Lions dijadwalkan akan memainkan ketiga pertandingan grup mereka di Wembley melawan Kroasia, Ceko dan pemenang babak playoff, sementara stadion nasional itu juga akan menjadi tuan rumah babak semifinal dan final.

Gareth Southgate berkata, “Anda tidak bisa berdiri dengan pasti dan mengatakan Euro akan berlangsung tahun depan. Anda tidak dapat berdiri dengan kepastian dan mengatakan itu akan terjadi dalam format yang diharapkan.”

“Saya pikir apa yang mungkin dan apa yang terlihat mungkin bahwa akan ada banyak hal yang masih bisa berubah selama beberapa bulan ke depan. Kami pasti akan mampu menjadi tuan rumah, kami juga akan menjadi tuan rumah dalam banyak pertandingan di Wembley.”

“Jadi menurut saya itu tidak akan berubah, tetapi sebenarnya tidak diketahui seperti apa format kompetisi ini nantinya. Tidak mungkin untuk memprediksinya dan kami harus siap untuk beradaptasi dengan apa pun yang terjadi pada kami.”

Beberapa dari 12 kota tuan rumah telah menyatakan keprihatinan mengenai apakah mereka akan dapat menggelar pertandingan Euro 2021 karena krisis virus corona ini, kendati Gareth Southgate tetap berharap bahwa situasi Covid-19 bisa membaik.

Dia menambahkan,”Anda berharap indikasinya adalah bahwa menjelang musim semi, situasi ini mungkin terlihat sedikit lebih cerah dan saya pikir umumnya prediksi tersebut cukup akurat.”

Inggris akan menghadapi Kroasia pada pertandingan pertama mereka di Wembley pada 13 Juni 2021. Mereka akan melawan pemenang play-off antara Skotlandia atau Norwegia lima hari kemudian sebelum melawan Republik Ceko pada 22 Juni. Final akan digelar di Wembley pada 11 Juli.

AHABET
AHABET