Kutukan Belanda Masih Bayangi Inggris, Kekalahan Ketiga dari Empat

Kutukan Belanda Masih Bayangi Inggris, Kekalahan Ketiga dari Empat

Kutukan Belanda jelas masih berlaku saat Inggris kalah 3-1 dari tim Oranje tadi malam. Tiga dari empat pertemuan berujung kekalahan.

Tim Oranje berhasil memaksakan skor 1-1 saat pertandingan masih 90 menit sebelum mencetak dua gol di babak extra time akibat kesalahan lini belakang Inggris dan memastikan kemenangan 3-1 yang membawa mereka lolos ke final UEFA Nations League. Hal ini sekaligus memastikan kutukan Belanda atas timnas Inggris masih berlaku.

Dengan hasil ini timnas Belanda akan menghadapi tuan rumah Portugal pada partai final UEFA Nations League di Estadio do Dragao hari Senin (10/6) dinihari dengan perebutan tempat ketiga antara Inggris vs Swiss berlangsung beberapa jam sebelumnya.

Matthijs de Ligt menjadi penyebab terjadinya tendangan penalti pada babak pertama yang diselesaikan dengan sukses oleh striker Marcus Rashford, namun de Ligt membalaskan kesalahannya dengan satu tandukan setelah penjagaan yang longgar pada menit 73. Sebuah gol dari Jesse Lingard membuat Inggris yakin mereka lolos ke final, namun peninjauan ulang adegan tadi dengan VAR membatalkan gol tersebut.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Skor 1-1 memaksa pertandingan UEFA Nations League di Guimaraes ini dilanjutkan ke babak extra time. Di sinilah kutukan Belanda berlaku dengan pemain The Three Lions merusak peluang mereka sendiri untuk merebut piala pertamanya. Bek Manchester City John Stones membuat kesalahan yang menyebabkan Memphis Depay mencuri bola darinya, namun berhasil diselamatkan oleh kiper Jordan Pickford. Kelegaan hanya sesaat karena tekanan besar dari Quincy Promes menyebabkan Kyle Walker menjebol gawangnya sendiri.

Tak lama setelah itu, enam menit jelang masa berakhirnya extra time, satu umpan lemah dari John Stones ke arah Ross Barkley berhasil dicuri dan Memphis memberi bola gampang ke arah Promes yang diselesaikan menjadi gol ketiga timnas Belanda pada pertandingan UEFA Nations League ini.

Ini merupakan kekalahan ketiga The Three Liones di tangan Oranje dari empat pertemuan terkininya. Kutukan Belanda selalu membayangi karena dua kekalahan lawan Virgil Van Dijk dan kawan-kawan sebelum ini terjadi dengan timnas Inggris unggul lebih dulu di akhir babak pertama. Satu kekalahan serupa setelah unggul lebih dulu sebelum ini terjadi lawan Kroasia di babak semi final Piala Dunia 2018.

Matthijs de Ligt terbukti menjadi pencetak gol penting bagi KNVB. Ia menjebol gawang lawan dalam dua penampilan terkininya bersama timnas Belanda setelah gagal mencetak gol dalam starter sebelumnya.