Lampu Stadion Warna Pelangi LGBT Jadi Perdebatan Panas Jelang Jerman vs Hungaria Nanti Malam

Gilabola.com – Otoritas bola Eropa mungkin menyesali keputusannya melarang walikota Munich untuk menyalakan warna pelangi atau “rainbow”, yang menjadi simbol LGBT, di Allianz Arena. Kini seluruh stadion bola di Jerman dan berbagai bangunan di kota Munich malah tertantang untuk menghias diri dengan warna pelangi.

UEFA merasa bahwa penyalaan warna pelangi akan terlalu ofensif untuk timnas Hungaria yang akan datang sebagai tamu untuk matchday ketiga Grup F di stadion kandang Bayern Munchen itu, Kamis dinihari 24 Juni 2021. Apalagi perdana menteri Hungaria Viktor Orban dijadwalkan datang untuk menyaksikan pertandingan tersebut.

Satu pekan silam parlemen Hungaria baru saja mengesahkan aturan hukum yang melarang ekspose LGBT kepada anak-anak di bawah 18 tahun. Keputusan itu mendapatkan kecaman di seluruh Eropa, disebut-sebut sebagai bertentangan dengan “semangat Uni Eropa” yang anti-diskriminasi. Jerman dan 13 negara Eropa lainnya mengutuk undang-undang Hungaria tersebut.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Kini UEFA mendapatkan sorotan serupa karena tidak mengizinkan walikota Munich menggunakan warna pelangi di stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan Jerman vs Hungaria. UEFA mengatakan harus menolak permintaan tersebut mengingat konteks politik di Hungaria.

Kantor pers Jerman DPA mengatakan Viktor Orban telah membatalkan perjalanannya ke Munich, mengantisipasi insiden memalukan yang mungkin diterimanya selama kunjungannya ke Allianz Arena, dengan banyak bangunan utama di kota tersebut memberikan dukungan penuh dengan cahaya lampu warna-warna pelangi.

UEFA mengatakan bahwa warna pelangi bukan simbol politik. Tapi netizen yang budiman dengan cepat membalas, jika tidak memiliki dampak politis, mengapa melarang penyalaan warna pelangi di Allianz Arena. Kini seluruh Jerman dan mereka yang bersimpati, termasuk koran-koran di negeri itu, menggunakan warna pelangi sebagai dukungan.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO