Laurent Blanc Dipecat Lyon, Manajer Ketiga di Lima Liga Elit Eropa

Gila Bola – Pemecatan Laurent Blanc oleh Olympique Lyon di Liga Perancis menjadikan total sudah ada tiga manajer yang diberhentikan di lima liga elit Eropa, bahkan sebelum laga-laga kompetisi melewati pekan kelima. Apakah kamu tahu siapa sajakah mereka?

Lyon, yang merupakan juara tujuh kali kompetisi Ligue 1 di sepak bola Perancis, memberhentikan bekas pemain Manchester United, Inter Milan dan Barcelona ini setelah klub itu hanya mencatatkan satu poin saja dari empat laga pembukaan musim baru.

Kesabaran para petinggi Olympique Lyon habis setelah mereka dibantai 1-4 oleh tamunya PSG pada laga terakhir, yang merupakan kekalahan ketiga kalinya dari empat pertandingan di bawah arahan Laurent Blanc.

Sebelum kalah lawan Les Parisiens, Lyon juga sudah kalah di tangan oleh tamunya Montpellier dengan skor sama 1-4 pada 19 Agustus lalu, serta kalah 2-1 di Strasbourg pada pekan pertama, selain satu hasil imbang kontra Nice.

Posisi terbawah di klasemen Liga Perancis dengan nilai hanya satu dianggap sebagai hal memalukan oleh manajemen klub dan tidak selayaknya terjadi, kontras dengan apa yang mereka alami semusim silam.

Lyon Koleksi Poin 10 Semusim Lalu Setelah Empat Pertandingan

Coba bandingkan situasi saat ini dengan apa yang klub alami setahun lalu. Awal musim 2022/23 silam setelah empat laga pertama di bawah arahan pelatih Belanda Peter Bosz, mereka memiliki nilai 10 dari hasil tiga kemenangan dan satu imbang. Kali ini? Satu poin saja.

Waktu itu Lyon memecat Peter Bosz setelah empat kekalahan beruntun yang membentang sejak awal September sampai awal Oktober 2022. Situasinya kurang lebih sama kali ini di bawah Blanc.

Bekas pelatih PSG dan Al-Rayyan itu masuk menggantikan Peter Bosz pada tanggal 10 Oktober dan membawa Lyon finish pada ranking ketujuh pada klasemen akhir 2022/23 Liga Perancis.

Manajemen percaya, mereka harus cepat membuat perubahan pelatih sebelum kondisi tim menjadi lebih buruk lagi. Petinggi klub ingin mereka kembali ke kejayaan dan menantang dominasi PSG.

Laurent Blanc Manajer Ketiga yang Dipecat di Eropa

Jika kita membatasi diri hanya pada lima liga elit Eropa, yakni Premier League, Serie A, Bundesliga, La Liga dan Ligue 1 maka pemecatan Blanc adalah kasus pemberhentian tercepat nomor tiga pada awal musim baru ini.

Pemecatan paling cepat diderita oleh Julen Lopetegui di Wolves di Liga Inggris pada 8 Agustus. Bekas manajer timnas Spanyol dan Real Madrid itu dipecat hanya selang tiga hari sebelum musim baru 2023/24 dimulai.

Kedua paling cepat adalah Quique Setien di Villarreal, yang diberhentikan pada 5 September, usai klub mendapati diri mereka menang satu dan kalah tiga untuk awal musim baru ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!