Leganes Akhiri Penantian 89 Tahun di Copa del Rey

Klub kecil dari pinggiran kota Madrid, Leganes, berhasil melaju ke perempat final Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 89 tahun terakhir.
Klub kecil dari pinggiran kota Madrid, Leganes, berhasil melaju ke perempat final Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 89 tahun terakhir.

Gilabola.com – Leganés, klub sederhana dari pinggiran kota Madrid, berhasil mencapai perempat final Copa del Rey untuk pertama kalinya dalam 89 tahun terakhir, Kamis (11/1) WIB.

Meski kalah 1-2 di kandang Villarreal, Kamis (11/1) dinihari tadi, tim yang saat ini berada di urutan keenam La Liga itu, berhasil melaju lewat keunggulan gol tandang setelah memenangi leg pertama, 1-0.

Pemain internasional Maroko Nabil El Zhar mencetak gol tandang yang sangat penting bagi Leganes saat laga memasuki menit ke-31. Namun Daniel Raba berhasil samakan kedudukan untuk tuan rumah di awal babak kedua, sebelum akhirnya Denis Cheryshev mencetak gol kemenangan Villarreal, hanya di beberapa menit tersisa.

Advertisement
advertisement
advertisement

Tapi itu tak cukup bagi Villarreal untuk mengejar ketertinggalan agregatnya. Villarreal masih membutuhkan satu gol lagi untuk bisa melaju, tapi mereka tak bisa mendapatkannya sampai peluit panjang berbunyi.

Padahal, sejumlah peluang bagus sempat tercipta untuk Villarreal di sepanjang pertandingan. Namun, mereka berhasil dibendung performa apik kiper Leganes, Nereo Champagne.

Leganes yang berdiri pada 1928 silam, akan rayakan ulang tahun mereka yang ke-90 pada Juni mendatang. Musim ini jadi episode kedua Leganes merumput di divisi teratas sepakbola Spanyol.

“Kami bisa mencetak gol lebih dulu dan kemudian memanfaatkan peluang yang tidak terjawab oleh Villarreal, di samping kiper yang bagus,” ujar pelatih Leganes, Asier Garitano.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami butuh banyak hal untuk menyelesaikannya,” tambah Garitano.