Legenda Argentina Meninggal Dunia

Legenda Argentina Meninggal Dunia

Gilabola.com – Legenda Argentina, Jose Luis Brown, yang mencetak gol pembuka untuk Albiceleste di final Piala Dunia 1986 melawan Jerman Barat, meninggal dunia pada usia 62 tahun.

Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) mengonfirmasikan kepergian mantan bek tengah itu dalam sebuah pernyataan resminya di Twitter. Sementara mantan striker La Albiceleste, Gabriel Batistuta, juga mengungkapkan rasa belasungkawanya di media sosial.

Brown – yang akrab dipanggil dengan julukannya ‘Tata’, menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai pemain di Estudiantes de La Plata, dengan membuat hampir 300 penampilan liga untuk klub tersebut.

Pada akhir musim 1985/86, ia dilepas Deportivo Espanol karena cedera lutut serius. Tapi, masih dipanggil Timnas Argentina untuk Piala Dunia Meksiko sebagai pelapis Daniel Passarella.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Setelah Passarella absen dari Piala Dunia tersebut karena sakit, Brown pun menggantikannya dalam Starting XI La Albiceleste yang dipimpin Diego Maradona.

Brown yang memenangkan 36 pertandingan untuk negaranya, mencetak satu-satunya gol internasional dalam karirnya di Piala Dunia 1986, dengan menanduk bola hasil tendangan bebas masuk ke gawang Jerman Barat di menit ke-23 dan membawa Argentina menang 3-2.

Kemudian, masih di laga tersebut, saat Argentina memimpin hanya dengan satu gol, pundaknya mengalami dislokasi karena berbenturan keras dengan bek Norbert Eder. Tapi, ia menolak untuk meninggalkan lapangan, dan terus bermain sambil menahan rasa sakit, hingga Albiceleste memenangkan Piala Dunia untuk kedua kalinya.

Brown juga pernah menjadi asisten teknis untuk pelatih kepala Sergio Batista di Timnas Argentina yang memenangkan kompetisi sepakbola di Olimpiade Beijing 2008. Setahun kemudian, ia membantu tim nasional lolos ke Piala Dunia U-17 di Nigeria pada 2009. Demikian diungkapkan Fifa.com.