Legenda Barcelona Xavi Hernandez Batal Bela Timnas Catalan

Legenda Barcelona Xavi Hernandez Batal Bela Timnas Catalan

Gilabola.com – Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, batal membela Timnas Catalan di laga persahabatan kontra Timnas Venezuela karena tak diijinkan klubnya saat ini, Al Sadd.

Xavi Hernandez yang juga pernah menjadi andalan Timnas Spanyol dan kini telah berusia 39 tahun, sebenarnya sudah pensiun dari sepakbola internasional bersama-sama dengan Gerard Pique. Tapi, dua pemain yang sama-sama jadi ikon Barcelona itu secara mengejutkan diberitakan kembali ke tim nasional, bersama Timnas Catalan.

Bagi Timnas Catalan, laga melawan Venezuela bahkan disebut-sebut sebagai ‘laga paling penting dalam satu dekade terakhir’, sebagai sebuah tim yang mewakili sebuah wilayah otonomi di Spanyol.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Namun, beberapa klub ‘non-Catalan’ melarang para pemain mereka untuk bergabung dengan skuad itu jelang laga persahabatan kontra Venezuela, karena menilai laga ini tak diakui secara internasional. Timnas Venezuela sendiri sebelumnya berhasil mengalahkan Argentina – yang juga diperkuat bintang Barcelona, Lionel Messi, dengan skor 3-1 di pekan lalu.

Pilih Berkomitmen pada Klubnya

Kini, Xavi Hernandez pun juga akan absen dalam laga antara Catalan kontra Venezuela yang rencananya akan berlangsung di Girona, Selasa (26/3) dinihari WIB, karena komitmennya pada klub Qatar yang sekarang dibelanya, Al Sadd.

“Dengan menyesal saya mengumumkan, saya tidak akan ambil bagian di Montilivi untuk pertandingan persahabatan antara Timnas Catalan dengan Venezuela,” demikian ungkap Xavi dalam akunĀ Instagram-nya.

“Komitmen saya pada klub saya, tidak memperbolehkan saya untuk pergi. Saya berharap, lain waktu saya bisa ada di sana bersama kalian semua. Di Qatar, kita harus lebih dulu menyenangkan hati para suporter,” tambah Xavi.

Sudah Pensiun dari Timnas Spanyol Sejak 2014

Pelatih Timnas Catalan, Gerard Lopez, mengaku tak menyimpan dendam walau sejumlah pemain tak bisa membela timnya di laga melawan Venezuela. “Saya berusaha menempatkan diri saya sebagai pelatih mereka, dan saya tak ada masalah untuk mengerti kondisi mereka. Mereka sangat sibuk,” ujar Lopez.

Xavi sebelumnya bermain dalam 133 pertandingan untuk Timnas Spanyol, ikut memenangkan gelar Piala Dunia 2010 dan dua gelar juara Piala Eropa di tahun 2008 dan 2012. Tapi, Xavi kemudian pensiun dari dunia sepakbola internasional setelah kekalahan yang terjadi di Piala Dunia 2014, di mana Spanyol sudah angkat koper sejak di babak grup putaran final yang digelar di Brasil.