Legenda Tottenham Hotspur Puji Kehebatan Eric Dier

Eric Dier
Eric Dier

Eric Dier menjadi salah satu punggawa penting Tottenham Hotspur sejak dirinya bergabung pada tahun 2014 silam.

Dengan usia 23 tahun, Dier sudah berhasil menembus tim nasional senior Inggris sejak 2015 lalu. Salah satu keunggulan Dier adalah kepiawaiannya bermain sebagai bek tengah maupun gelandang.

Bakat Dier sendiri saat ini mulai tercium oleh tim-tim lain, bahkan Tottenham harus bersusah payah menolak tawaran dari Manchester United di musim panas tahun ini.

Advertisement
advertisement
advertisement
Loading...

Namun dengan kedatangan Nemanja Matic di United, Tottenham setidaknya bisa sedikit bernafas lega.

Mantan pemain Tottenham, Ledley King, mengakui kemampuan Dier yang bisa bermain di posisi berbeda menjadikan dirinya sebagai salah satu aset terbaik Tottenham saat ini.

Ledley menilai Dier menjadi unsur penting dalam sistem permainan yang diusung oleh Mauricio Pochettino.

“Saya ingat pernah menyaksikannya saat pramusim di Denver [tahun 2015], dan dia dengan cepat membuat saya terkesan,” ujar pria yang sepanjang karirnya hanya bermain bagi Tottenham Hotspur itu pada wartawan.

“Pada saat itu, saya tidak tahu jika dia juga bisa bermain di lini tengah dan tampil dengan baik. Saya melihat dengan cepat bahwa dia mampu melakukannya dan dia bisa melanjutkan musim yang bagus dengan bermain di lini tengah. Saya tidak yakin posisi apa yang dia ingin dia mainkan, namun dia bermain sama baiknya di dua posisi tersebut.”

“Sulit bisa menjadi hal yang sulit, namun bisa bermain di beberapa posisi yang berbeda adalah tanda dari seorang pemain hebat. Ketika anda bermain di tim hebat yang dipenuhi para pemain top, anda biasanya akan senang bisa berada di lapangan dan mendapatkan posisi inti. Dia bisa bermain sejak awal dan jika dia merasa nyaman bermain sebagai bek sama seperti di lini tengah maka itu mungkin tak masalah baginya.”

“Itu adalah kelebihan yang dimiliki oleh Tottenham. Mereka bisa bermain dengan tiga bek tengah atau dua bek tengah. Anda telah melihat Eric bermain di depan atau di belakang dan membuat penyesuaian posisi secara halus. Itu adalah kekuatan yang besar bagi sebuah tim untuk dimiliki, tanpa harus mengganti pemain anda. Hal itu membuat lebih mudah. Orang-orang membuat banyak rotasi saat ini dan itu salah satu hal yang mengejutkan saya tentang betapa mudahnya hal itu bagi Eric.”