Lima Laga Klasik Inggris Kontra Skotlandia Jelang Pertemuan Akhir Pekan Ini

Gilabola.com – Timnas Inggris dan Skotlandia dipastikan akan lakoni laga sengit dalam pertemuan mereka di pertandingan ke dua Grup D di Wembley, Sabtu (19/6) dini hari.

Belakangan ini, harus diakui The Three Lions tunjukkan persaingan yang lebih baik, karena Skotlandia belum pernah bisa mengalahkan mereka sejak tahun 1999.

Berikut ini lima pertarungan terakhir Derby Britania sebelum Inggris dan Skotlandia kembali bertemu dini hari nanti, seperti dilansir Daily Mail:

Timnas Inggris vs Skotlandia 9 – 3 di Tahun 1961

Advertisement

Rekor kemenangan Inggris di laga ini tercipta berkat hattrick Jimmy Greaves, plus dua gol Johnny Haynes dan Bobby Smith, serta masing-masing satu gol yang dibukukan Bobby Robson dan Bryan Douglas. Namun, tak ada nama Bobby Charlton dalam daftar pencetak gol di laga ini.

Sedangkan Dave Mackay, Davie Wilson dan Pat Quinn menjadi pencetak gol dari kubu Skotlandia. Namun kinerja kiper mereka saat itu, Frank Haffey, menimbulkan rasa ketidakpercayaan kepada para penjaga gawang dari wilayah utara perbatasan Inggris tersebut selama bertahun-tahun.

Pertandingan ini juga menjadi laga The Auld Enemy pertama yang disaksikan langsung oleh Ratu Elizabeth.

Timnas Inggris vs Skotlandia 2 – 3 di Tahun 1967

Inggris pernah menjadi juara dunia dan tak terkalahkan dalam 19 pertandingan, tapi mereka terluka dalam pertemuan saat itu. Serangkaian cedera yang dialami The Three Lions di laga ini memberi Skotlandia keuntungan, dan Inggris kehilangan Ray Wilson, Jimmy Greaves serta Jack Charlton yang terpincang-pincang di pinggir lapangan.

Skotlandia memimpin 2-0 lewat gol Denis Law dan Bobby Lennox menjelang lima menit terakhir, saat Charlton yang cedera – bermain dengan satu kaki sebagai penyerang tengah, berhasil melepaskan tembakan ke sudut bawah gawang Skotlandia.

Namun, tim tamu kembali mencetak gol saat Jim McCalliog melewati Gordon Banks dan bukukan 3-1. Geoff Hurst memang berhasil membalaskan satu gol lagi, tapi Skotlandia tinggalkan Wembley dan mengklaim diri sebagai ‘juara dunia tidak resmi’.

Timnas Inggris vs Skotlandia 5 – 1 di Tahun 1975

Ingat tembakan Gerry Francis saat laga pembuka baru berjalan empat menit, lalu dia kembali mencetak gol di babak kedua, plus gol Kevin Beattie, Colin Bell dan David Johnson. Sedangkan Bruce Rioch hanya berikan Skotlandia gol penghibur dari titik putih.

Pertandingan itu menjadi salah satu penampilan terbaik The Three Lions, dan pemenang Piala Dunia Alan Ball mengatakan usai pertandingan tersebut bahwa laga itu ‘bagus sekali’.

Pertandingan itu terjadi di antara dua putaran final Piala Dunia, di mana Skotlandia lolos sementara Inggris justru tidak.

Timnas Inggris vs Skotlandia 1 – 2 di Tahun 1977

Laga berlangsung mengesankan, sama halnya untuk sebuah adegan usai pertandingan ketika suporter Skotlandia yang bersuka-cita masuk ke lapangan Stadion Wembley, mencabik-cabik rumput dan merayakan kemenangan tim mereka dalam bingkai gawang.

Saat itu, Skotlandia pantas jadi pemenang setelah sundulan kepala Gordon McQueen di babak pertama dan gol Kenny Dalglish tepat di menit 60. Sedangkan eksekusi penalti Mick Channon tak membawa pengaruh apa-apa, hanya jadi penghibur, karena Skotlandia tetap menjadi pemenangnya. Skotlandia pun berhasil membalaskan dendam mereka atas kekalahan dua tahun sebelumnya.

Timnas Skotlandia vs Inggris 2 – 2 di Tahun 2017

Pertemuan paling terbaru kedua tim tentunya tak boleh diabaikan, setidaknya saat laga sudah memasuki lima menit terakhir.

Timnas Inggris semula memimpin lewat gol Alex Oxlade-Chamberlain di awal laga. Namun Leigh Griffiths berhasil membalas lewat tendangan bebas. Penyerang Celtic itu kembali mencetak gol tepat di menit 90.

Sedangkan Inggris, berhasil menyamakan kedudukan di masa injury 90+4, setelah Harry Kane berhasil memanfaatkan umpan Raheem Sterling.