Lima Potensi Perubahan Aturan Sepak Bola : 30 Menit Istirahat, Kartu Kuning Keluar 5 Menit

Gilabola.com – FIFA tengah serius menggodok aturan baru dalam sepak bola dengan mereka menggelar kompetisi Future of Football Cup sebagai ajang ujicoba. Tim-tim muda dari PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge di antara klub yang ambil bagian dalam ujicoba lima aturan baru tersebut yang nantinya bisa diterapkan di sepak bola profesional.

30 menit x dua babak

Jika sebelumnya sepak bola dipertandingkan dalam 2×45 menit, sekarang akan diubah menjadi 2×30 menit. Belum tentu waktu pertandingan nanti akan lebih sedikit karena stopwatch akan digunakan setiap kali ada gangguan dalam pertandingan. Jadi 30 menit itu adalah murni waktu open play.

Advertisement

Pergantian pemain tak terbatas

Di masa pandemi ini, jumlah pergantian pemain telah ditingkatkan dari tiga pemain menjadi lima pemain. Namun kemungkinan pergantian pemain tak terbatas sekarang sedang dipelajari selama turnamen ujicoba FIFA tersebut, tapi tentu saja pemain yang sudah keluar tidak boleh masuk lagi.

Penerima kartu kuning dihukum lima menit

Kartu kuning akan berdampak pada hukuman yang lebih besar daripada yang diterima para pemain saat ini. Pemain yang menerima satu kartu kuning harus meninggalkan lapangan selama lima menit, yang berarti tim akan kalah jumlah untuk sementara. Setiap tim dan pemain kini bisa lebih berhati-hati pada setiap pelanggaran mereka.

Tendangan ke dalam bukannya lemparan ke dalam

Saat bola keluar lapangan, lemparan ke dalam dapat dilakukan dengan kaki tidak dengan tangan lagi. Mirip dengan aturan dalam futsal.

Menggiring bola dari sepak pojok

Para pemain bisa menggiring bola sendiri dari situasi sepak pojok dan tembakan gawang, tidak harus melakukan umpan terlebih dulu ke rekannya seperti yang biasa dilakukan sekarang.