Lionel Messi Batal Mudik, CONMEBOL Tunda Kualifikasi Piala Dunia 2022

Gilabola.com – Lionel Messi batal kembali ke Argentina setelah CONMEBOL – otoritas sepakbola Amerika Selatan, resmi menunda Kualifikasi Piala Dunia 2022 terkait merebaknya virus corona.

Keputusan ini menjadi lanjutan dari aksi FIFA maupun UEFA yang sudah lebih dulu menunda sejumlah pertandingan persahabatan maupun Liga Champions/Liga Europa, dalam upaya bersama-sama menghentikan penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia.

Dengan adanya keputusan ini, maka para pemain asal Amerika Selatan yang saat ini bermukim di Eropa, akan dibebaskan dari keharusan mereka bergabung dengan tim nasional masing-masing, dan menghindari karantina saat mereka kembali.

Diungkapkan Sport, tentu saja ini menjadi kabar gembira bagi Barcelona, karena penundaan ini berarti mereka tak harus memulangkan Messi ke Argentina, Arturo Vidal yang harusnya kembali ke Chile dan Arthur Melo ke Brasil.

Advertisement
NelayanBet
NelayanBet
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Lionel Messi dan kawan-kawan akan tetap berada di Catalan, sementara Luis Suarez memang tak dipanggil Timnas Uruguay karena masih harus jalani pemulihan usai jalani operasi.

Sebelumnya diberitakan, Arturo Vidal terancam dikarantina jika ia nekat terbang ke Chile akhir bulan ini. Ia semula diminta kembali ke negaranya untuk lakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Kolombia.

Pekan ini diberitakan, peluang Vidal untuk mudik dan membela negaranya akhir bulan ini akhirnya menjadi tidak jelas, setelah coronavirus mulai mewabah di Eropa, bahkan menjangkiti sejumlah pemain sepakbola papan atas dunia. Vidal disebut-sebut bisa mendapat imbas dari langkah-langkah baru yang diumumkan di negara itu untuk memerangi penyebaran wabah mematikan tersebut.

Menteri Kesehatan Chile, Jaime Maalalich, mengungkapkan pada Selasa (10/3) waktu setempat, semua orang yang datang ke negara itu dari sejumlah negara tertentu, termasuk Spanyol dan Italia, harus masuk karantina selama 14 hari.

“Kami tidak membedakan antara profesi seseorang dengan yang lainnya, karena tidak ada yang kebal dari virus ini, dan memang karantina yang ditentukan hari ini untuk Italia berlaku juga untuk semua orang,” tegas Maalalich.

“Tentu saja, jika para pemain ini ingin berlatih dengan mesin di rumah mereka, atau semua dikarantina bersama di Juan Pinto Duran (stadion nasional), itu panggilan mereka,” tambahnya.

Karena itu, jika ia tetap berangkat, saat tiba di negaranya maka Vidal harus lebih dulu mengasingkan diri selama dua pekan. Hal serupa juga harus dilakukan Lionel Messi maupun Arthur jika mereka nekat berangkat atau laga tersebut tetap digelar.

Namun, kini CONMEBOL telah memutuskan untuk menunda seluruh  jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 yang harusnya digelar di akhir Maret ini.