Lionel Messi dan Jadon Sancho: Seni Mencetak Gol dan Assist

Lionel Messi dan Jadon Sancho: Seni Mencetak Gol dan Assist

Gilabola.com – Lionel Messi barangkali belum mencetak gol di tiga pertandingan beruntun. Tapi, kapten Barcelona itu mampu ciptakan hattrick assist yang pastikan Barca bisa imbangi Real Madrid di puncak klasemen sementara.

Bintang asal Argentina itu bukan hanya menjadi top skorer liga dengan 14 golnya, tapi dia juga berhasil bukukan assist terbanyak dengan 11 assist. Itu artinya, Messi sudah terlibat dalam 25 gol yang dikantongi Barcelona di La Liga musim ini.

Faktanya, seperti diungkapkan Marca, Messi sebelumnya juga pernah mencetak tiga assist dalam satu pertandingan, yakni dalam laga melawan Getafe di musim 2015/16.

Sementara itu pada musim ini, Luis Suarez mampu mencapai prestasi sama dalam laga melawan Alaves di pertandingan terakhir sebelum liburan musim dingin. Namun, Messi ternyata bukan satu-satunya pemain di lima liga teratas Eropa yang berhasil bukukan angka ganda dalam hal gol dan assist. Karena ada pemain ajaib Borussia Dortmund, Jadon Sancho, yang ikut bergabung dengannya.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Pemain yang masih berusia 19 tahun itu bahkan secara menakjubkan menjadi pemain pertama di Bundesliga, Serie A, Liga Premier, Ligue 1 dan La Liga yang lakukan hal serupa musim ini.

Selain Lionel Messi, Jadon Sancho juga torehkan catatan menakjubkan. Sejauh musim 2019/20 ini, ia telah bukukan 13 assist dan mencetak 12 gol, sementara dia hanya terpaut dua koleksi assist di belakang playmaker Manchester City, Kevin De Bruyne, sebagai pemain yang telah menyodorkan assist untuk rekan-rekan satu timnya di kesempatan terbanyak di liga domestik, meskipun bintang City asal Belgia itu hanya bukukan tujuh gol.

De Bruyne dan Angel Di Maria, yang sama-sama bukukan 11 assist dan delapan gol, menjadi dua pemain yang tinggal selangkah lagi bergabung dalam klub eksklusif yang kini masih dihuni Messi dan Sancho.

Sancho dan Messi: Langganan Dobel Ganda

Mencapai prestasi ini bukanlah hal baru bagi Sancho maupun Messi. Pemain muda Timnas Inggris itu berhasil menyelesaikan musim penuh pertamanya di level skuad utama dengan bukukan 14 assist dan 12 gol. Jadi, dia hanya berjarak satu assist dari menyamakan penghitungan musim lalu, meski saat ini tahun baru memasuki Februari. Sancho pastiny masih punya jalan panjang jika dia ingin menyamai Messi.

Sedangkan Messi, sejak memulai debutnya di musim 2004/05, kapten Blaugrana itu bisa bukukan dobel ganda dalam hal koleksi gol dan assist dalam 12 edisi.

Apalagi, sejak musim 2007/08, Messi hanya punya satu musim di mana ia tak bisa bukukan angka ganda untuk koleksi gol maupun assist. Lalu, ada pula musim 2016/17 di mana ia hanya berhasil sodorkan sembilan assist.

Catatan pribadi Lionel Messi di musim 2011/12 dinilai paling menakjubkan, di mana ia terlibat dalam 66 gol yang dikantongi Barcelona di ajang liga, yang terdiri dari 16 assist dan 50 gol.