Lionel Messi Disambut di Prancis, Klub-klub Ligue 1 Cari Untung dari Kedatangannya di PSG

Gilabola.com – Klub-klub Ligue 1 mencoba mencari untung dari kedatangan Lionel Messi di PSG musim panas ini.

Laporan L’Équipe yang dilansir Get French Football News merinci potensi manfaat keuangan ke seluruh liga yang akan tumbuh menyusul kedatangan Messi di Parc des Princes, bahkan di tengah krisis akibat pandemi yang melanda banyak klub Prancis saat ini.

Banyak klub kehilangan pemasukan sekitar Rp 6,8 Trilyun dalam dua musim terakhir, terkait hal siar Mediapro TV dan kesepakatan penyiaran internasional – yang dioperasikan BeIN Sports – paling sedikit sekitar Rp 1,3 Trilyun, sepak bola Prancis sudah tertinggal jauh di belakang liga-liga lainnya dalam hal pendapatan dari hal siar televisi, meskipun kontrak yang berlaku saat ini masih berjalan hingga tahun 2024.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Karena masa tinggal Lionel Messi di PSG yang tak mungkin lebih dari tiga musim, akan ada kesempatan yang terlewatkan dalam hal menegosiasikan kesepakatan yang lebih menguntungkan. Namun, Liga Prancis diperkirakan akan alami kebangkitan yang cukup menguntungkan, terutama setelah negosiasi hak siar dilakukan mulai musim 2024/25.

Potensi lainnya dalam memanfaatkan dampak dari kedatangan Lionel Messi adalah, dengan dibentuknya perusahaan perdagangan untuk LFP – badan pengatuh sepak bola profesional Prancis, yang telah disahkan federasi sepak bola setempat (FFF), walau belum disetujui senat.

Salah satu kasus penting dalam hal ini di luar negeri adalah penjualan 10 persen Liga Spanyol ke dana investasi, dengan imbalan sekitar Rp 46 Trilyun, dan kini banyak klub Prancis yang melihat langkah itu sebagai peluang untuk mengembangkan kehidupan klub mereka, yang tentunya akan dibantu dengan kedatangan megabintang asal Argentina itu di Ligue 1.

Presiden Lyon, Jean-Michel Aulas, mengakui kehadiran Messi bisa memperbaiki posisi liga dan transfer pemain legenda Barcelona itu akan membantu klub meningkatkan pendapatan mereka dari hak siar BeIN.

“Jika benar-benar terwujud, maka itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa bagi kami semua. Untuk hal siar televisi dan nilai pemasaran Ligue 1, tak bisa terbantahkan akan ada nilai tambah. Saat ini, dengan adanya Lionel Messi, anda tak bisa membayangkan dalam konteks transparan, hak siar yang dijual BeIN ke luar negeri tak akan meledak,” tandas Aulas.

“Saya sangat yakin, kalau transfer ini terwujud, dengan adanya Neymar dan (Kylian) Mbappe di klub itu, semuanya berada dalam posisi menguntungkan. Kita tak boleh lupa, Marseille juga lakukan upaya, seperti halnya Nice dan Lille, begitu juga dengan Lyon yang telah dan juga akan melakukannya,” tambahnya.

“Jika pihak Qatar berinisiatif membangun sebuah tim besar di PSG, kami semua akan sangat senang, walaupun hal itu akan membuat kompetisi tambah sulit. Tapi anda butuh klub-klub lain, setidaknya klub yang akan berlaga di ajang Eropa, untuk merekrut para pemain seperti Lionel Messi. Dalam kasus itu, kami bisa menjadi liga nomor satu di Eropa! Dan, untuk mewujudkannya, BeIN harus terus mengembangkan hak siar internasionalnya,” ujar Aulas.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO