Lionel Messi Gagal Dapat Ballon d’Or Karena Lima Alasan Kuat

Lionel Messi Gagal Dapat Ballon d'Or Karena Lima Alasan Kuat

Gilabola.com – Lionel Messi gagal dapatkan trofi Ballon d’Or setidaknya karena lima alasan kuat yang sulit dibantah. Alih-alih menang, bintang klub Liga Spanyol Barcelona itu bahkan tak masuk tiga besarnya.

Lionel Messi sendiri hanya berada di posisi kelima dalam daftar nominasi Ballon d’Or musim ini. Ia berada di bawah Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Prancis Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann.

Lionel Messi sudah tercatat sebagai satu di antara dua pemain yang sudah meraih setidaknya lima gelar Ballon d’Or. Berada di urutan ketujuh jadi prestasi individu terburuk Messi sejak pertama kali masuk nominasi pada 2007 (posisi ketiga). Terakhir kalinya Messi meraih Ballon d’Or pada 2015 silam.

Sportskeeda merangkum lima alasan Lionel Messi gagal menang gelar Ballon d’Or 2018:
  • Senja kala dominasi Crisitano Ronaldo dan Lionel Messi di Ballon d’Or.
    Berakhirnya dominasi Ronaldo-Messi jelas membuat perubahan positif bagi pemain lain. Beberapa pemain bintang baru menambah ketat persaingan penghargaan itu.
  • Bencana Argentina di Piala Dunia.
    Apabila Argentina sukses di Piala Dunia 2018, bisa saja Messi sukses meraih gelar Ballon d’Or keenamnya. Pada awal-awal Piala Dunia Argentina sangat menakutkan, setidaknya sampai di babak 16 besar sebelum dikalahkan Prancis skor 3-4.
  • Tersingkirnya Barcelona di Liga Champions.
    Salah satu penilaian Ballon d’Or adalah bagaimana prestasi di kompetisi elit Eropa dan turnamen internasional yang calon pemenang dapatkan. Dalam lima tahun terakhir, pemenang Liga Champions tampil sebagai pemegang gelar juara Ballon d’Or pada empat kesempatan. Masalahnya, Barcelona tersingkir dari Liga Champions setelah kalah lawan AS Roma di perempat final musim lalu. Messi juga baru punya enam gol dan dua assist saja di Liga Champions tahun ini. Hal itu jelas kalah jauh dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah juga.
  • Kehadiran Kylian Mbappe dan Luka Modric.
    Jika dinilai dari kinerja di Piala Dunia 2018, Kylian Mbappe dan Luka Modric menjadi dua nama besar yang sesungguhnya bersaing ketat untuk Ballon d’Or edisi kali ini. Mbappe telah menunjukkan keberaniannya dengan mencetak 13 gol dan delapan assist untuk Paris Saint-Germain musim lalu sebelum Piala dunia. Dalam gelaran Piala Dunia, nama Kylian Mbappe bisa terus hasilkan gol buat Prancis di final dan keluar sebagai peraih penghargaan pemain muda terbaik. Begitu juga dengan Modric. Walau Kroasia berakhir sebagai runner up di Piala Dunia, Modric menjadi salah satu nominasi terkuat di Ballon d’Or karena telah meraih gelar Liga Champions juga bersama Real Madrid.
  • Ancaman Cristiano Ronaldo yang kian mengkilap.
    Pada tahun 2018 nama Cristiano Ronaldo sudah kumpulkan 34 gol dan 6 assist dalam pertandingan. Lionel Messi jelas tak sanggup mengalahkan catatan tersebut. Ronaldo juga sudah menyelesaikan langkah sensasional ke Juventus yang dapat meningkatkan peluangnya untuk Ballon d’Or. Bersama Juventus di kompetisi Serie A, Ronaldo bisa terus ngebut hasilkan lebih banyak gol daripada Messi.
Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto