Lionel Messi Terancam Sanksi Hingga 12 Pertandingan Liga dan Copa del Rey

Gilabola.com – Lionel Messi akhiri final Piala Super Spanyol dengan frustrasi setelah dikartu merah, dan terancam dilarang bermain di ajang liga maupun Copa del Rey.

La Pulga dikartu merah di babak perpanjangan waktu setelah ia tampak jelas memukul pemain Athletic Bilbao, Asier Villalibre, di saat Barca sudah tertinggal dan tampak tak mungkin memenangkan pertandingan itu. Messi menyerang pemain kelahiran Guernika itu dan harus melihat dirinya diusir dari lapangan untuk pertama kali sebagai seorang pemain Blaugrana.

Wasit Jesús Gil Manzano tak ragu untuk melihat tayangan gambar di layar VAR, dan langsung mencabut kartu merah. Tentu saja, pengusiran ini sangat merugikan Messi, karena ia bisa diganjar sanksi berat oleh Komite Kompetisi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Advertisement
K9Win
K9Win

Menurut laporan Barca Noticias, sesuai Aturan Disiplin ada tiga pasal berbeda yang bisa dikenakan pada kapten Barcelona itu. Namun, ​​semuanya mengindikasikan ada kurang dua masalah tak bisa dijatuhi sanksi.

Dalam Pasal 114 disebutkan, ‘dalam beberapa kasus di mana pengusiran dari lapangan disebabkan situasi di mana pemain itu tak punya kemungkinan untuk menangkal bola, penangguhan akan dilakukan setidaknya dalam dua pertandingan’. Inilah yang terjadi dalam kasus Lionel Messi, di mana setidaknya ia akan jalani sanksi larangan bermain dalam dua laga.

Namun, pemain yang sudah enam kali meraih Ballon d’Or itu bisa saja dijatuhi sanksi larangan bermain lebih banyak, yakni di tiga pertandingan, jika nantinya Komisi Disiplin menerapkan pasal 123.

Dalam pasal itu disebutkan, jika tindak kekerasan terjadi di saat kedua pemain sama-sama tidak memainkan bola, maka sesuai pasal ini pemain yang bersangkutan bisa dikenai sanksi larangan bermain hingga tiga pertandingan.

Namun, jika Komisi Kompetisi sepakat untuk menyatakan bahwa Lionel Messi ‘telah lakukan penyerangan terhadap pemain lawan’, maka mereka akan berlakukan pasal 98, di mana sanksi larangan bermainnya bisa mencapai empat hingga 12 laga.

Meski demikian, dalam artikel Barca Noticias disebutkan pula, sangat tak mungkin memberlakukan pasal ini terhadap Messi, walau hal itu tak bisa dikesampingkan.

Jalani Sanksi di Liga Maupun Copa del Rey

Namun ia menerima sanksi yang akan dijatuhkan kepadanya. Yang pasti, ia akan menjalaninya di pertandingan Barcelona yang berikutnya.

Masih menurut peraturan yang diberlakukan di sepak bola Spanyol, dampak dari kartu merah di Piala Super Spanyol itu akan dijalani penerimanya di laga berikutnya di semua kompetisi. Namun, Barcelona urung mainkan laga Copa del Rey melawan Cornella, dan juga pertandingan liga melawan Elche, karena wabah yang melanda kedua klub tersebut.