Lionel Messi Ternyata Cuma Pemain Termahal Ke-22 di Dunia

Gilabola.com – Lionel Messi ternyata hanya menempati posisi ke-22 daftar pemain termahal di dunia. Cristiano Ronaldo bahkan ‘lebih menyedihkan’, karena kini merosot ke posisi 70.

Pemegang enam Ballon d’Or itu tak termasuk di antara 20 pemain termahal di dunia, bahkan Ronaldo tidak lagi masuk dalam 50 besar. Demikian diungkapkan para pakar transfer di CIES Football Observatory yang berbasis di Swiss.

Badan tersebut merilis daftar pemain termahal dalam dua tahun terakhir, Senin (8/6). Susunan nama pemain tersebut dibuat dengan mempertimbangkan apa yang mereka sebut sebagai algoritma ‘ilmiah’, yang disesuaikan dengan baik berdasarkan berbagai faktor termasuk usia pemain, posisi, minat yang diprediksi dan tingkat ekonomi sang pemain di klub mereka saat ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Dalam daftar terakhir yang dirilis Januari lalu, posisi teratas ditempati bintang PSG asal Prancis, Kylian Mbappe, 21 tahun, yang bahkan di masa pandemi coronavirus ini bisa kantongi biaya transfer kolosal sebesar 259,2 Juta Euro (sekitar Rp 4 Trilyun).

Jauh di atas Lionel Messi, yang berikutnya dalam daftar itu adalah bintang Manchester City dan Timnas Inggris, Raheem Sterling, dengan nilan 194,7 Juta Euro (sekitar Rp 3 Trilyun), diikuti bintang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, yang menjadi salah satu pemain terpanas di usianya yang baru 20 tahun.

Posisi 10 besar daftar tersebut bahkan sarat dengan sejumlah talenta muda Inggris, termasuk juga bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold, yang berada di urutan keempat dengan nilai 179,1 Juta Euro (Rp 2,8 Trilyun), serta pemain depan Manchester United dan Timnas Inggris, Marcus Rashford, yang berada di posisi kelima dengan nilai 152,3 Juta Euro (sekitar Rp 2,4 Trilyun).

Berikutnya bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, ada di urutan keenam dengan 144,9 Juta Euro (Rp 2,27 Trilyun) dan rekan satu timnya, Sadio Mane, dengan nilai 139,2 Juta Euro (Rp 2,18 Trilyun).

Di urutan kedelapan, adalah pemain Barcelona Antoine Griezmann dengan perkiraan harga 134,6 Juta Euro (Rp 2,1 Trilyun), diikuti pemain Kanada penuh sensasi di Bayern Munchen, Alphonso Davies. Bek sayap yang masih berusia 19 tahun ini memiliki nilai 133,5 Juta Euro (sekitar Rp 2,09 Trilyun). Demikian diungkapkan CIES, seperti yang dilansir RT.com.

Pemain yang juga masuk dalam 10 besar, adalah kapten Inggris dan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, dengan perkiraan nilai 118 Juta Euro (Rp 1,8 Trilyun).

Namun Lionel Messi, posisinya bahkan berada di luar 20 besar, yakni di urutan ke-22 dengan nilai sekitar 100 Juta Euro (Rp 1,56 Trilyun), yang kemungkinan mencerminkan tahun-tahun karir pemain yang akan berusia 33 tahun di akhir bulan ini.

Lebih jauh lagi ke urutan bawah, adalah sesama pengumpul Ballon d’Or, Cristiano Ronaldo, yang dikatakan CIES ‘hanya’ bernilai 62,8 Juta Euro atau sekitar Rp 982 Milyar. Meski demikian, nilai ini masih dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa, mengingat usianya yang sudah ke-35 tahun.

Ronaldo maupun Messi sama-sama alami penurunan secara signifikan di daftar ini, sejak peringkat transfer CIES terakhir kali terungkap pada Januari lalu. Saat itu, Messi berada di posisi kedelapan dengan nilai 125,5 Juta Euro (Rp 1,96 Trilyun) dan Ronaldo di peringkat ke-49 dengan 80,3 Juta Euro (Rp 1,25 Trilyun).

Tapi, keduanya tetap berhasil tunjukkan permainan apik mereka, di mana Lionel Messi kantongi 24 gol dalam 31 pertandingan musim ini, meskipun ia alami cedera di awal musim. Sedangkan Ronaldo yang kini bermain di Juventus, berhasil mencetak 25 gol dalam 32 pertandingan untuk klub Turin tersebut.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO