Liverpool, Arsenal dan Enam Klub Inggris yang Menderita Akibat Piala Afrika

Liverpool, Arsenal dan enam klub Inggris lainnya akan sangat menderita saat digelarnya Piala Afrika pada bulan Januari 2022.

Gilabola.com – Klub-klub Liga Premier tengah mempersiapkan situasi sulit mereka di awal tahun depan, dengan akan terbangnya para pemain asal Afrika ke Kamerun untuk berlaga di ajang Piala Afrika.

Turnamen tersebut sebenarnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni hingga Juli tahun ini, tapi situasi pandemi membuat event itu diundur hingga bulan Januari 2022.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Sejumlah bintang terbaik di Liga Premier dipastikan akan berlaga di ajang tersebut, termasuk andalan Liverpool Mohamed Salah, bintang Arsenal Pierre Emerick Aubameyang, dan kiper Chelsea, Edouard Mendy. Ketiganya akan ikut-serta dalam turnamen yang akan dimulai pada 9 Januari.

Hingga empat pertandingan Liga Premier diperkirakan akan berlangsung selama turnamen tersebut, dan absennya para pemain asal Afrika ini diperkirakan akan memberi dampak besar bagi klub masing-masing. Daily Star Sport bahkan menggambarkan klub-klub Liga Premier akan sangat menderita selama Piala Afrika berlangsung.

Arsenal akan kehilangan kapten mereka, Aubameyang, dan gelandang anchor, Thomas Partey, masing-masing membela Timnas Gabon dan Ghana. Sementara Nicolas Pepe, kemungkinan akan bermain di sayap kanan Timnas Pantai Gading, sementara Mohamed Elneny juga dipanggil Timnas Mesir.

Namun, Liverpool akan menjadi klub yang merasakan dampak paling besar dari turnamen Piala Afrika ini, karena mereka harus melepas dua mesin gol mereka, Mohamed Salah dan Sadio Mane – meskipun ia dikabarkan cedera di Timnas Senegal beberapa hari ini. Selain itu, Jurgen Klopp juga harus melepas gelandang asal Guinea yang tengah berkembang pesat, Naby Keita.

Salah saat ini sedang dalam perburuan sepatu emas Liga Premier, di mana ia sudah kantongi 10 gol dan enam assist dalam 11 penampilannya. Ketidakhadirannya pada awal tahun depan tentunya akan sangat terasa, karena dia harus pergi dan menjadi kapten bagi Timnas Mesir.

Mane juga akan sangat dirindukan The Reds, Januari nanti. Jika dia pulih tepat waktu dari cedera tulang rusuk yang dialaminya pekan lalu, Mane dipastikan akan berangkat lagi ke Kamerun dan membela Senegal di ajang Piala Afrika.

Sejauh musim ini, Mane selalu menjadi andalan Jurgen Klopp di mana dia sudah berkontribusi dalam enam gol di Liga Premier untuk Liverpool.

Secara bersama-sama kedua pemain itu sudah terlibat dalam 23 gol yang dikantongi The Reds di ajang liga musim ini, dan suporter tentunya akan sangat kehilangan kedua bintang tersebut.

Selain itu, Chelsea juga harus berjuang di saat turnamen Piala Afrika itu berlangsung. Pasalnya, mereka akan kehilangan kiper andalan, Edouard Mendy, dan kembali beralih andalkan Kepa Arrizabalaga selama kiper Senegal itu berada di Kamerun.

Jika Liverpool akan kehilangan tiga pemain, The Blues akan melepas dua. Selain Mendy, Thomas Tuchel juga harus melepas Hakim Ziyech yang akan menjadi bagian penting Timnas Maroko di Piala Afrika.

Lalu, jawara bertahan Liga Premier, Manchester City, tak akan diperkuat Riyad Mahrez yang akan memperkuat Timnas Aljazair asuhan Djamel Belmadi. Namun, hanya Mahrez satu-satunya pemain yang akan dilepas Pep Guardiola untuk turnamen tersebut.

Sedangkan dua bintang Manchester United; Eric Bailly dan Amad Diallo, akan sama-sama ‘menghilang’ dari Old Trafford karena mereka harus membela Timnas Pantai Gading.

Sementara, Tottenham Hotspur akan menjadi satu-satunya tim ‘Enam Besar’ yang tak akan terdampak oleh turnamen ini, karena mereka tak harus melepas satu pemain pun di ajang Piala Afrika. Hal ini menjadi faktor besar yang bisa mendorong Spurs menutup musim di empat besar.

Selain Liverpool, Watford juga menjadi tim yang akan mendapat dampak SANGAT BURUK saat turnamen Piala Afrika digelar.

Pasalnya, tim asuhan Claudio Ranieri itu tak akan diperkuat lebih dari tiga pemain asal Afrika pada awal tahun depan. Mereka adalah tiga pemain asal Nigeria Peter Etebo, William Troost-Ekong dan Emmanual Dennis, lalu pemain Maroko Adam Masina serta Ismaila Sarr yang asal Senegal.

Lima pemain itulah yang akan absen dari Watford awal tahun depan. Ketidakhadiran mereka tentunya sangat memberatkan Ranieri, karena the Hornets tengah berjuang menghindari degradasi untuk kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir.

Berikut ini daftar para pemain asal Afrika di ke-20 klub Liga Premier yang akan berangkat ke Kamerun, seperti dilansir Daily Star:

1. Arsenal:

Thomas Partey (Ghana), Mohamed Elneny (Mesir), Pierre Emerick Aubameyang (Gabon), Nicolas Pepe (Pantai Gading);

2. Aston Villa:

Mahmoud Trezeguet (Mesir), Bertrand Traore (Burkina Faso), Marvelous Nakamba (Zimbabwe);

3. Brentford:

Frank Onyeka (Nigeria), Tariqe Fosu (Ghana);

4. Brighton:

Yves Bissouma (Mali);

5. Burnley:

Maxwel Cornet (Pantai Gading);

6. Chelsea:

Edouard Mendy (Senegal), Hakim Ziyech (Maroko);

7. Crystal Palace:

Cheikhou Kouyate (Senegal), Jeffrey Schlupp (Ghana), Jordan Ayew (Ghana), Wilfried Zaha (Pantai Gading);

8. Everton:

Jean-Philippe Gbamin (Pantai Gading), Alex Iwobi (Nigeria);

9. Leeds United:

None

10. Leicester City:

Daniel Amartey (Ghana), Nampalys Mendy (Senegal), Wilfred Ndidi dan Kelechi Iheanacho dari Nigeria;

11. Liverpool:

Mohamed Salah (Mesir), Naby Keita (Guinea), Sadio Mane (Senegal);

12. Manchester City:

Riyad Mahrez (Algeria);

13. Manchester United:

Eric Bailly dan Amad Diallo sama-sama berasal dari Pantai Gading:

14. Newcastle United:

None

15. Norwich City:

None

16. Southampton:

Moussa Djenepo (Mali), Mohammed Salisu (Ghana);

17. Tottenham Hotspur:

None

18. Watford:

Peter Etebo, William Troost-Ekong, Emmanuel Dennis sama-sama dari Nigeria, Adam Masina (Maroko), Ismaila Sarr (Senegal);

19. West Ham United:

Said Benrahma (Aljazair);

20. Wolves:

Romain Saiss (Maroko), Willy Boly (Pantai Gading).

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO