Maaf, Break Internasional Kali Ini Tanpa Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez dan Timnas Amerika Selatan Lainnya

Gila Bola – Laga-laga klub nanti malam (Senin dinihari 22 Maret 2021) akan menjadi yang terakhir sebelum kita memasuki break internasional sampai 31 Maret mendatang. Sedihnya, kita tidak akan melihat laga-laga kualifikasi Piala Dunia dari kawasan Conmebol atau Amerika Selatan.

Sementara laga-laga kualifikasi untuk zona Eropa akan dimulai mulai pekan depan ini, kita tidak akan melihat hal serupa terjadi untuk Neymar, Lionel Messi, Luis Suarez dan Arturo Vidal. Otoritas sepak bola di kawasan Amerika Selatan memutuskan untuk menunda laga-laga kualifikasi karena buruknya situasi krisis kesehatan saat ini di zona itu.

Krisis kesehatan saat ini sudah merusak banyak jadwal pertandingan sepak bola. Kita sudah merasakannya pada Maret sampai Mei 2020 tahun lalu, saat hampir semua liga utama di dunia menghentikan, menunda atau bahkan mengakhiri kompetisi. Tapi pandemi belum berakhir dan pihak yang berkuasa di Amerika Selatan sudah menggariskan bahwa tidak akan ada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk negara-negara Amerika Latin.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Hal ini disebabkan, antara lain, klub-klub Eropa antara lain di Premier League dan La Liga tempat para pemain mereka merumput menolak melepaskan para pemainnya untuk tugas internasional. Terkait status Brasil dan Argentina yang masuk daftar hitam maka setiap pemain yang kembali ke Inggris, sebagai contoh, harus menjalani masa karantina penuh selama 10 hari. “Jika sampai para pemain utama – entah enam orang, tujuh, delapan atau sembilan – tidak bisa bermain selama 10 hari, itu tidak masuk akal [bagi kepentingan klub]. Jadi mereka tidak akan diizinkan terbang [membela tim nasional masing-masing],” kata manajer Manchester City Pep Guardiola.

Sebenarnya bukan hanya Amerika Latin. Di Eropa pun, misalnya Robert Lewandowski juga tidak diizinkan oleh manajemen Bayern Munchen untuk pulang membela timnas Polandia karena status lockdown yang diterapkan negeri itu, menyebabkan striker 33 tahun itu harus menjalani karantina selama minimal 14 hari sepulangnya ia ke Bundesliga.

Brasil saat ini memimpin urutan teratas klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan empat kemenangan. Lionel Messi dan rekan-rekannya berada pada urutan kedua dengan 10 poin, diikuti oleh Ekuador, Paraguay dan Uruguay.