Asosiasi Manajer Klub Inggris Minta Aturan Handball Diubah

Asosiasi Manajer Klub Inggris Minta Aturan Handball Diubah

Gilabola.com – Asosiasi Manajer Liga (LMA) minta para pembuat kebijakan sepakbola untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya terkait aturan handball, karena kerap timbulkan kontroversi.

Pada bulan depan akan ada pertemuan Asosiasi Direksi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk membicarakan banyak hal, termasuk penggunaan VAR.

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, walau IFAB tidak secara langsung mengakui adanya kontroversi di sepakbola Inggris, tapi pembahasan ulang nanti ini diyakini untuk mencari solusi untuk di Liga Inggris dan akan diterapkan di semua negara.

Sementara Asosiasi Manajer Liga (LMA) berharap IFAB juga membahas soal handball sebab sama-sama menimbulkan kontroversi.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Aturan handball sendiri cukup sederhana, yaitu gol yang tercipta menggunakan tangan atau lengan, baik sengaja atau tidak sengaja, tidak akan dinyatakan sebagai gol yang sah.

Tapi, banyak manajer di Liga Inggris mengeluhkan aturan tersebut karena tidak disebutkan siapa yang handball sehingga gol tersebut tidak disahkan.

Buktinya Josep Guardiola, Nuno Espirito Santo dan David Moyes meminta LMA untuk menyuarakan aspirasi para manajer sebab merugikan klub-klub.

Contoh yang kentara ialah kala pemain sayap West Ham United Robert Snordgrass membuat gol penyeimbang melawan Sheffield United pada pekan lalu, tapi wasit tidak mengesahkannya sebab Declan Rice handball dulu.

Lalu gol pembuka Wolves yang dibuat Pedro Neto ke gawang Manchester United di Piala FA harus dianulir wasit, karena bola secara tidak sengaja membentur tangan Raul Jimenez sehingga Nuno Espirito Santo kecewa berat.

“Ini sudah kedua kalinya (gol dianulir, sebelumnya di laga kontra Liverpool). Neto kurang beruntung,” kata manajer asal Portugal ini.

“Sudah seharusnya aturan handball ini dikaji ulang. Dengan melihat reaksi semua orang yang terlibat dan para fans, sudah seharusnya aturan ini ditinjau ulang dan dilihat dari sudut pandang yang berbeda.”

“Semua orang khawatir dengan aturan ini. Pesannya sudah sangat jelas dan keras. Anda lihat sendiri seluruh penonton di stadion berteriak dan ini tidak bagus.”

Sementara itu Kevin De Bruyne pernah berkata dengan sinis bahwa dirinya “Tidak mengerti sama sekali perihal aturan baru soal handball” setelah gol Gabriel Jesus ke gawang Tottenham Hotspur dianulir karena terlebih dulu menyentuh lengan Aymeric Laporte.