Manchester United Jaga Tradisi, Turunkan Pemain Kriwil Asal Belanda Ini

Manchester United Jaga Tradisi, Turunkan Pemain Kriwil Asal Belanda Ini

Manchester United menjaga salah satu tradisi paling tua di Old Trafford saat menurunkan pemain kriwil-kriwil asal Belanda ini pada menit 62 laga Piala FA melawan Reading FC, Sabtu (5/1) malam.

Begitu Tahith Chong, pemain ini dimasukkan untuk menggantikan Juan Mata pada pertengahan babak kedua laga Piala FA lawan Reading, hampir seluruh pendukung tuan rumah Manchester United berdiri dan menyanyikan lagu “Satu saja Chong, kami cuma punya satu Chong!” mengadopsi lagu ejekan yang biasanya ditujukan ke fans lawan, dan memanfaatkan persamaan bunyinya, “Cuma satu lagu (song), kamu cuma punya satu lagu.”

Keputusan memainkan Chong, pemain berusia 19 tahun ini, adalah tradisi Manchester United yang dilestarikan oleh Ole Gunnar Solskjaer. Laga-laga Piala FA kerap menjadi ajang memainkan pemain yunior akademi guna merasakan pengalaman bermain di pertandingan besar, tanpa terlalu mengambil risiko sebagaimana laga-laga Premier League.

Tahith Chong Pemain Junior Manchester United ke-229

Tahith Chong adalah pemain akademi ke-229 yang bermain untuk skuad senior dan ada empat pemain jebolan akademi sekaligus di atas lapangan pada Sabtu malam: Andreas Pereira, Marcus Rashford, McTominary dan Chong.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Chong yang berusia 19 tahun itu didatangkan dari Feyenoord pada tahun 2016 dan segera mencuri perhatian sebagai bagian dari tim U18 Man Utd di bawah asuhan Kieran McKenna.

Dia memamerkan keahlian dirinya pada musim pertamanya di klub dengan mencetak gol menakjubkan di Old Trafford pada ajang FA Youth Cup – yang ternyata menjadi satu-satunya gol United di kompetisi itu pada musim 2016/17.

Sayangnya, cedera membatasi musim pertamanya di Manchester pada bulan Januari, tetapi setelah menghabiskan 10 bulan istirahat, bintang remaja Belanda itu terus semakin membaik. Jose Mourinho menyaksikan sendiri debut Chong pada tim U23 pada bulan Januari, dengan ia mencetak satu-satunya gol United melawan Spurs dari sayap kanan.