Mantan Bek Timnas Jerman Sebut Messi Lebih Sulit Dilawan Ketimbang Ronaldo

Gilabola.com – Mantan pemain internasional Jerman Arne Friedrich yang memiliki 82 caps selama karir bermainnya menjadi sosok terbaru yang angkat bicara perihal perbandingan antara duo superstar global saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Arne Friedrich mengatakan bahwa lebih sulit baginya untuk bertahan melawan Lionel Messi daripada menghadapi Cristiano Ronaldo karena superstar Argentina memiliki gaya bermain yang unik, sementara dia juga mengungkapkan siapa pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya.

Eks bek timnas Jerman berusia 41 tahun telah pensiun sejak 2013 lalu setelah bermain selama semusim bersama Chicago Fire, dengan karirnya yang mengesankan telah membuatnya pernah membela FC Gütersloh, SC Verl, Arminia Bielefeld, Hertha BSC, dan VfL Wolfsburg.

Advertisement
K9Win
K9Win

Sementara itu, perdebatan siapa yang terhebat di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tak pernah ada habisnya, dengan keduanya berbagi 11 Ballon d’Or untuk menjadi dua pemenang terbanyak dalam penghargaan prestisius ini, dan masing-masing juga memenangkan empat dan lima Liga Champions.

Setelah bermain dalam 413 penampilan di level klub dan 82 caps bersama timnas Jerman, Arne Friedrich telah melawan banyak pemain terbaik sepanjang karirnya, dan kini dia mengungkapkan bahwa mengawal Lionel Messi lebih susah ketimbang Cristiano Ronaldo.

“Saya bisa bermain melawan Messi dan Ronaldo,” katanya. “Jika saya harus memilih salah satu dari mereka, itu adalah Messi. Dia memiliki pusat gravitasi yang berbeda, Ronaldo lebih sesuai dengan ukuran saya. Keduanya berada di level yang sama, tapi Messi lebih sulit dilawan bagi seorang bek karena dia memiliki gaya permainan yang berbeda.”

Arne Friedrich juga ditanya siapa pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya, dengan dia kemudian menambahkan, “Toni Kroos, Philipp Lahm dan Miroslav Klose. Dalam hal sepak bola, Anda tidak perlu mengatakan apa pun tentang salah satu dari ketiganya. Bagi saya, mereka adalah yang terbaik yang kami miliki di era saya, ya tapi Toni sampai saat ini masih bermain.”