Mantan Real Madrid Bawa Valencia ke Final Copa del Rey, Tantang Barcelona

Mantan Real Madrid Bawa Valencia ke Final Copa del Rey, Tantang Barcelona

Jebolan akademi muda Real Madrid, Rodrigo, membawa Valencia lolos ke final Copa del Rey, menantang Barcelona, melalui golnya ke gawang Real Betis pada leg kedua semi final, Jumat (1/3).

Dengan demikian juara bertahan Barcelona akan menghadapi tantangan Valencia di final Copa del Rey di kota Seville, 25 Mei nanti, setelah Los Che memenangkan leg kedua partai semi final melawan Real Betis, Jumat (1/3), dengan skor 1-0 (3-2 agregat).

Skuad asuhan Ernesto Valverde itu kemarin berhasil menang 3-0 di kandang Real Madrid untuk memastikan skor agregat 4-1 dan lolos ke final turnamen Piala Raja untuk keenam kalinya secara beruntun. Dan malam ini giliran Valencia memastikan satu tempat mereka di final Copa del Rey.

Satu-satunya gol The Bats terjadi pada menit 56 melalui Rodrigo. Gol ini berawal saat Cristiano Piccini menggiring bola memasuki daerah pertahanan Real Betis, mengumpankannya ke Kevin Gameiro, yang kemudian mencongkel bola ke arah Rodrigo di tiang jauh. Pemain jebolan akademi muda Real Madrid itu kemudian menyelesaikan golnya dengan mudah. GOL! 1-0! Agregat 3-2. Satu kaki Valencia kini sudah di final!

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Final Copa del Rey tahun ini akan dilangsungkan di kandang Real Betis di Estadio Benito Villamarin. Karena itu tidak mengherankan jika sejak awal Los Beticos sudah tampil dominan pada laga malam ini. Mereka lebih unggul dalam soal dominasi atas bola dibandingkan tuan rumah, melepaskan lebih banyak tembakan on target (4) dibandingkan Los Che yang hanya satu, dan itu pun berujung gol. Jumlah serangan yang kurang akurat tiga banding dua untuk keunggulan Betis.

Tuan rumah Valencia mengerahkan suporter mereka untuk memberi atmosfer memekakkan telinga secara luar biasa di Estadio Mestalla malam ini, tapi tak ada gol selama babak pertama.

Laga leg pertama semi final usai dengan skor 2-2. Skor itu memang cukup berat bagi Real Betis karena berarti Los Che memiliki keunggulan dua gol tandang. Kini dengan skor 1-0 masih menggantung sampai menit-menit akhir pertandingan, Los Beticos butuh dua gol untuk bisa lolos.

Tidak ada gol sampai peluit panjang berbunyi. Hasil pertandingan Valencia vs Real Betis usai dengan skor 1-0, agregat 3-2. Dengan hasil ini Los Che menantang Barcelona di partai final Copa del Rey, 25 Mei nanti.

Raksasa Catalan itu sebelum ini sudah pernah menang trofi tersebut empat kali di lima musim teranyarnya, hanya sekali gagal pada tahun 2014. Jika Barca menang maka itu akan menjadi keberhasilan mereka ke-31 dalam 41 kali muncul sebagai finalis. Kalau berhasil menang maka Barca menjadi tim pertama yang menang lima kali beruntun.

Susunan Pemain Valencia vs Real Betis

VALENCIA (4-4-2): Jaume Domenech; Cristiano Piccini, Gabriel Paulista, Facundo Roncaglia, Jose Gaya; Daniel Wass, Daniel Parejo, Frances Coquelin, Goncalo Guedes; Kevin Gameiro, Rodrigo Moreno. Pemain pengganti: Neto, Mouctar Diakhaby, Santi Mina, Carlos Soler, Ferran Torres, Denis Cheryshev, Geoffrey Kondogbia.

REAL BETIS (3-5-2): Joel Robles; Aissa Mandi, Marc Bartra, Sidnei; Francis, William Carvalho, Andres Guardado, Sergio Canales, Joaquin; Giovani Lo Celso, Jese Rodriguez. Pemain pengganti: Pau Lopez, Antonio Barragan, Zouhair Feddal, Javi Garcia, Cristian Tello, Diego Lainez, Loren Moron.