Mengaku Salah, Wasit Belanda Ini Akhirnya Minta Maaf ke Ronaldo & Portugal

Gilabola.com – Wasit pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada akhir pekan menyatakan permohonan maaf kepada Fernando Santos dan para pemainnya karena salah dalam mengesampingkan gol penentu Cristiano Ronaldo.

Wasit Belanda Danny Makkelie akhirnya mengakui kesalahannya karena tidak mengesahkan gol penentu kemenangan yang dicetak Cristiano Ronaldo ke gawang Serbia di pertandingan terakhir, meminta maaf kepada tim Portugal atas keputusannya yang merugikan mereka.

Juara Euro 2016 harus puas dengan hasil imbang 2-2 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 mereka gara-gara gol di masa injury time oleh superstar Juventus luput dari penglihatan wasit dan akhirnya tidak mengesahkan gol tersebut.

Advertisement

Tayangan ulang menunjukkan bahwa tembakan penyerang berusia 36 tahun telah melewati garis sebelum Aleksandar Mitrovic mampu menghalau bola, tetapi Danny Makkelie melambaikan tangan setelah berkonsultasi dengan hakim garis, yang kini dia akui sebagai keputusan yang salah.

“Sesuai kebijakan FIFA, yang bisa saya katakan adalah bahwa saya meminta maaf kepada pelatih nasional, Fernando Santos, dan tim Portugal atas apa yang terjadi,” kata wasit Belanda itu kepada media Portugal, A Bola. “Sebagai tim wasit, kami selalu bekerja keras untuk membuat keputusan yang baik. Ketika kami diberitakan dengan cara ini, itu sama sekali tidak membuat kami bahagia.”

Winger Liverpool Diogo Jota sempat membawa Selecao unggul dua gol di babak pertama melalui tandukannya sebelum Aleksandar Mitrovic dan Filip Kostic menyamakan kedudukan bagi tuan rumah di babak kedua.

Cristiano Ronaldo kemudian sangat marah setelah melihat golnya tidak disahkan, setelah menghasilkan penyelesaian yang baik usai memanfaatkan umpan Nuno Mendes. Superstar Juventus itu bahkan kemudian diganjar kartu kuning karena protesnya kepada wasit akibat keputusan pengadil lapangan yang tidak mengesahkan golnya.