Messi Tak Mau Terima Medali, Tuding Copa America Menangkan Brasil

Messi Tak Mau Terima Medali, Tuding Copa America Menangkan Brasil

Lionel Messi ngambek tak mau terima medali perunggu usai ia diusir wasit dan menuding kompetisi Copa America diatur untuk memenangkan Brasil.

Adegan ini menarik perhatian seluruh dunia saat Lionel Messi tak mau terima medali perunggu Copa America, sementara rombongan para pemain La Albiceleste lainnya berbaris menerima kalungan medali juara ketiga usai pertandingan Argentina vs Chile, hari Minggu (7/7).

Dalam keterangan pada media, sang striker Barcelona mengirimkan sebuah pesan sangat kuat yang akan memerahkan telinga para petinggi Conmebol (asosiasi sepak bola Amerika Selatan) saat menjelaskan mengapa Messi tak mau terima medali. Ia bilang, “Saya tak mau menjadi bagian dari organisasi yang korup.”

Pertandingan perebutan juara ketiga Copa America antara Argentina vs Chile hari Minggu (7/7) diwarnai insiden mengejutkan saat La Pulga tanpa alasan berarti diusir oleh wasit pada menit 37.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Tayangan ulang memperlihatkan Lionel Messi terlibat perebutan bola dengan bek Chile Gary Medel, saat bola umpan terobosan dari Paulo Dybala terlalu cepat untuk dikejar oleh Messi. Sedikit sentuhan ke punggung Medel dan bek berdarah panas itu kemudian menempelkan dadanya ke dada Messi, melakukan adu dada sebanyak tiga kali sebelum dipisahkan wasit Mario Diaz de Vivar asal Paraguay.

Tanpa alasan yang jelas dan masuk di akal, wasit Copa America itu kemudian mengibaskan kartu merah kepada Messi sebelum juga memerintahkan pengusiran serupa pada Gary Medel. Keputusan pemberian kartu merah bagi Messi terasa terlalu keras. Dorongan ke punggung Medel hanya layak kartu kuning. Lihat sendiri adegan tersebut.

Seperti dikutip oleh media Spanyol El Chiringuito TV, Messi melontarkan sejumlah pernyataan serius yang bisa menyebabkan ia disanksi oleh Conmebol (asosiasi sepak bola Amerika Selatan). Sang striker Barcelona itu antara lain mengatakan poin-poin sebagai berikut:

  • bahwa kami (Argentina) dan saya (Messi) tak mau menjadi bagian dari turnamen Copa America yang korup ini;
  • kompetisi ini sudah diatur untuk memenangkan Brasil;
  • saya kira pengusiran saya (di laga perebutan tempat ketiga melawan Chile) adalah karena apa yang sudah saya katakan sebelum ini (perihal wasit dan perihal Copa America)
  • insiden (melawan Gary Medel) cuma layak kartu kuning;

Messi juga mengatakan bahwa ia mendukung Peru di partai final Copa America yang akan dilangsungkan hari Senin (8/7) dinihari dan berharap wasit tidak memihak dan VAR tidak dimainkan demi kepentingan tuan rumah Brasil.