Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo Terbaik? Cassano Punya Jawabannya

Gilabola.com – Mantan pemain Real Madrid, Milan dan Inter, Antonio Cassano, membuka perdebatan lawas perihal siapa yang lebih baik antara dua pesepak bola top Eropa, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Penyerang Barcelona itu baru saja melewati rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak di satu klub dengan jumlah 644, lebih satu dari legenda Brasil itu. Sementara CR7 baru saja diganjar penghargaan gelar Pemain Terbaik Abad Ini 2001-2020 di Dubai tapi keduanya kalah dari Robert Lewandowski yang membawa pulang trofi Pemain Terbaik FIFA 2020.

Persaingan Messi dan Cristiano sudah menjadi perdebatan yang panjang dan panas sejak kedua pemain merumput di Liga Spanyol dan membela dua klub yang bermusuhan. Keduanya silih berganti menggondol penghargaan Ballon d’Or, dengan bintang Argentina itu mengoleksi enam buah piala.

Advertisement

Bagi Antonio Cassano, memilih siapa yang terbaik di dunia sepak bola bukan lah perkara sulit sebab eks striker Italia itu percaya Lionel Messi lebih unggul dalam soal bakat.

“Cristiano Ronaldo merupakan talenta yang dibentuk. Anda bisa merasakannya di media sosial ketika Anda melihat dia melakukan sit-up bersama anak-anaknya,” kata Cassano, seperti dikutip dari AS. “Ada banyak pembicaraan tentang Cristiano [di media sosial] dan sedikit tentang Messi. Namun dalam urusan sepak bola, keduanya sangat berbeda. CR7 sangat kuat tapi talentanya dibentuk.”

“Sedangkan Messi, sama seperti [petenis Roger] Federer, [pebasket Michael] Jordan dan [Diego] Maradona, seseorang yang tidak akan kita jumpai lagi dalam hidup. Messi mempunyai talenta luar biasa yang merupakan anugerah dari alam.”

“Saya kadang mendengar Messi bermain secara fenomenal di Barcelona. Saya ingat Xavi dan [Andres] Iniesta, dan pada awalnya Ronaldinho. Namun Messi pun membuat pemain-pemain seperti Pedro [Rodriguez], Dani Alves, [Javier] Mascherano dan lainnya menjadi juara.”

“Dia membuat banyak pemain berkembang dengan bakat yang ia miliki. Tujuan Ronaldo adalah mencetak banyak gol. Dia tidak peduli dengan tim atau memberikan assist. Sedangkan Messi membuat seluruh pemain berkembang dan dia idola saya,” tukasnya.