Momen Ketika Mister Good Ebening Balaskan Dendam ke Arsenal, Sudah Lima Kali Melaju ke Final Liga Unai Emery

Gilabola.com – Bukan salah ketik, begitulah lidah Spanyol Unai Emery mengucapkan “good evening” atau “selamat petang” setiap kali melakukan jumpa pers dengan media-media Inggris. Ledekan itu kini menghantui balik setelah spesialis Liga Europa itu membalaskan dendam secara manis pada Arsenal, Jumat 7 Mei 2021.

Selama bertahun-tahun Unai Emery selalu dijuluki “mister good ebening”, termasuk oleh legenda The Gunners Mesut Ozil, beberapa saat sebelum leg kedua semi final Europa League di London itu dimulai, Jumat (7/5). Sang pelatih Spanyol dipecat oleh manajemen klub merah London itu pada November 2019 dan kini ia membalaskan dendam dengan menyingkirkan Arsenal dari kompetisi tersebut.

Ledekan “good ebening” bisa bernada sayang atau benci, tergantung apakah Arsenal kalah atau menang di bawah asuhan manajer yang sudah memenangkan tiga trofi Liga Europa saat menjadi pelatih klub La Liga, Sevilla. Masing-masing pada 2014, 2015 dan 2016.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sayangnya ketika Emery membawa Arsenal ke final di Baku, Azerbaijan, pada 2019, The Gunners kalah 4-1 di tangan Chelsea dengan keempat gol The Blues dilesakkan oleh Eden Hazard (2), selain Olivier Giroud dan Pedro. Momen itu bisa menjadi kesempatan keempat Emery memenangkan trofi kompetisi kasta kedua Eropa ini.

Kini dengan pertandingan Arsenal vs Villarreal usai skor 0-0 pada leg kedua semi final Liga Europa di Emirates Stadium, Jumat dinihari, “Mister Good Ebening” berhasil membuktikan pada manajemen Arsenal bahwa mereka membuat kesalahan besar dengan memecatnya.

Channel Gilabola di Youtube

Selain secara statistik apa yang dilakukan Mikel Arteta di Emirates Stadium ternyata lebih buruk daripada Unai Emery dari sisi persentase kemenangan, kini pelatih Spanyol berusia 49 tahun itu sudah di ambang gelar Eropa keempatnya. Sementara Arsenal terpuruk pada papan tengah Liga Inggris dan kehilangan satu-satunya calon trofi mereka musim 2020/21. The Gunners terancam gagal berkompetisi di Eropa untuk musim depan.

Arsenal sebenarnya sedikit lebih dijagokan untuk lolos ke final setelah mencatatkan satu gol tandang pada laga leg pertama pekan silam di kandang Villarreal, tapi statistik pertandingan memperlihatkan Unai Emery tahu betul isi dapur mantan timnya tersebut.

Selama 90 menit pertandingan di Emirates tersebut, The Yellow Submarines kalah dominasi bola (56:44 persen), kalah percobaan gol (14:10 kali), tapi Gerard Moreno, Pau Torres dan Paco Alcacer berhasil meredam perlawanan The Gunners dengan hanya satu tembakan tepat sasaran ke gawang Geronimo Rulli. Bandingkanlah dengan Villarreal yang berhasil mencatatkan empat shots on target selama 90 menit ke gawang Bernd Leno.

Kini Liga Europa boleh jadi akan mengubah namanya menjadi Liga Unai Emery dengan mantan pelatih PSG (2016-2018), Sevilla (2013-2016) dan Valencia (2008-2012) tersebut di ambang trofi keempatnya saat final dilangsungkan di Gdansk Polandia pada 26 Mei 2021.

AHABET
AHABET