Naby Keita Ngotot Tinggalkan Liverpool Jelang Piala Afrika

Naby Keita Ngotot Tinggalkan Liverpool Jelang Piala Afrika

Gilabola.com – Naby Keita bersikeras tinggalkan Liverpool dan kembali beraksi pada akhir pekan ini, di laga persahabatan Timnas Guinea melawan Mesir jelang Piala Afrika 2019.

Keita sangat ingin tampil mewakili Timnas Guinea di Piala Afrika musim panas kali ini, hingga gelandang Liverpool itu menentukan sendiri kapan dia akan kembali latihan menyusul pemulihan cedera yang dialaminya.

Pemain berusia 24 tahun itu semula absen dalam empat pertandingan terakhir Liverpool di musim lalu, akibat cedera otot adduktor yang dialaminya saat the Reds kalah 0-3 dari Barcelona di leg pertama semi final Liga Champions, Mei lalu. Pelatih Jurgen Klopp sendiri telah menyatakan, Keita bakal absen ‘setidaknya dua bulan’ akibat cedera tersebut.

Manajer Timnas Guinea, Paul Put, membantah dengan keras diagnosa tersebut dan bersikeras meminta Naby Keita mengunjungi seorang spesialis di Swiss untuk mendapat second opinion saat timnya bersiap-siap untuk gelaran Piala Afrika 2019.

Unggah Video Latihan dan Isyaratkan ‘Baik-baik Saja’

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Keita menjadi bagian dari perayaan kemenangan Liverpool di final Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, saat skuad Klopp mengangkat trofi Si Kuping Besar pada 1 Juni lalu. Setelah itu, ia kembali ke Melwood untuk melanjutkan rehabilitasi cederanya.

Foot224 yang dikutip thisisAnfield.com merilis video latihan pemain bernomor punggung delapan itu di kamp latihan The Reds pada akhir pekan lalu. Keita rupanya sangat ingin membuktikan kebugarannya pada klub maupun tim nasionalnya.

Media terbitan Guinea yang sama juga menyampaikan update berita dari Put mengenai kondisi kapten timnya tersebut. Dia menyatakan, Keita telah memfokuskan pemulihannya untuk pertandingan persahabatan melawan Mesir pada 16 Juni mendatang, yang juga akan menjadi momen pertama kembalinya ia beraksi usai pulih dari cedera.

“Dia tinggalkan (Liverpool) setelah latihan di pagi hari dan tiba pada Senin (10/6 sore waktu setempat). Saya sudah benar-benar menekan Liverpool agar (mengirimnya pulang) sesegera mungkin,” ujar pelatih asal Belgia tersebut.

Dicoret Timnas Kalau Tak Datang Pekan Ini

“Pada akhirnya, saya katakan jika Naby Keita tidak datang sekarang, akan sulit baginya untuk masuk dalam daftar pemain Timnas Guinea di ajang Piala Afrika ini. Apalagi dia bilang dia siap bermain melawan Mesir,” tambahnya.

Namun, Keita akan absen pada pertandingan persahabatan sebelumnya melawan Benin pada 11 Juni 2019. Tapi, ia bisa secara efektif comeback dua pekan lebih cepat dari jadwal pemulihan semula, jika dia masuk Starting XI di laga melawan Mohamed Salah dan kawan-kawan di Borg El Arab.

Tampaknya seolah-olah ‘tekanan’ Put telah berhasil ‘memulangkan’ Keita ke tim nasionalnya. Walau klub mengharapkan keterlibatan Keita dalam tur pramusim mereka, Juli mendatang, namun the Reds telah memintanya untuk bergegas kembali ke Anfield jika ia berisiko memperparah cedera yang dialaminya.

Keita telah menderita sejumlah masalah kebugaran selama musim pertamanya di Merseyside, di mana hal itu telah membatasinya hanya bermain dalam 33 pertandingan. Dalam laga-laga tersebut, Keita berhasil mencetak tiga gol dan ikut membantu terciptanya gol lain saat dia terkesan tampil sporadis.