Onono! Andre Onana Kebobolan Gol dari Jarak Setengah Lapangan

Gila Bola – Mungkin ini karma setelah marah-marah pada pensiunan kapten Setan Merah Harry Maguire. Kiper anyar Manchester United Andre Onana mendapatkan momen paling memalukan dalam hidupnya setelah kebobolan gol setengah lapangan, tadi malam.

Itu merupakan salah satu gol paling lucu yang terjadi akhir-akhir ini. Anak-anak Erik ten Hag tengah menguasai bola pada laga ujicoba Sabtu malam (5/8) di Old Trafford ketika terjadi salah umpan dari satu pemain, kemungkinan itu Raphael Varane, dan bola disambar oleh penyerang Lens, Florian Sotoca.

Pemain Perancis 32 tahun itu melihat Andre Onana berdiri terlalu jauh dari posisinya, sudah setengah jarak gawang ke garis setengah lapangan. Sotoca kemudian memutuskan melepaskan tendangan melambung ke gawang United dan berhasil menembusnya pada menit 22.

Onana yang mencium bahaya sudah berusaha berlari mundur secepat mungkin dan merentangkan tangannya sejauh mungkin, tetapi apa daya bola lebih cepat dan terlalu tinggi untuk dijangkau. Red Devils pun tertinggal satu gol pada babak pertama

Apakah Kiper Onana Berbuat Kesalahan?

Erik ten Hag adalah orang yang harus disalahkan untuk taktik bermain tinggi semacam ini yang rupanya masih belum dipahami benar konsekuensinya bagi anak-anak Setan Merah.

Taktik bermain tinggi, yang mengasumsikan kiper berubah dan bertindak sebagai salah satu bek tengah dan maju jauh di dekat garis setengah lapangan, mengasumsikan semua pemain ahli dalam saling mengumpan dan mengamankan bola di kakinya.

Taktik bermain tinggi di setengah lapangan mengasumsikan tidak akan ada kesalahan umpan seperti yang dilakukan oleh Raphael Varane, yang menerima backpass dan rupanya hendak meneruskannya pada rekannya sesama bek tengah Lisandro Martinez.

Kesalahan umpan inilah yang dicuri oleh penyerang Lens Florian Sotoca dan kemudian mengubah Onana menjadi onono.

Man United Membalikkan Skor Menjadi 2-1

Skor 1-0 berhasil disamakan 1-1 pada menit 49 oleh Marcus Rashford yang mencegah situasi berkembang menjadi lebih buruk dan laga ujicoba kedua terakhir ini berubah menjadi kekalahan keempat bagi Manchester United. Selang enam menit kemudian gol kedua terjadi melalui Antony yang mengubah skor menjadi 2-1.

Skuad Erik ten Hag sudah menelan tiga kekalahan sebelum ini. Dua kekalahan saja sebenarnya jika hanya mengasumsikan skuad senior, karena satu kali mereka menurunkan deretan pemain yunior, yakni saat dikalahkan Wrexham 1-3.

Dua kekalahan lain diderita saat melawan Real Madrid 2-0 dan Borussia Dortmund 3-2, yang akan memunculklan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban soal kesiapan United menghadapi musim baru Liga Inggris.

Masih akan ada satu laga persahabatan lagi, Minggu besok melawan Athletic Bilbao, sebelum mempersiapkan diri untuk laga perdana musim baru 2023/24 melawan Wolves pada 14 Agustus.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!