Pahlawan Kemenangan Manchester City Adalah Walker Bukan Jesus

Pahlawan Kemenangan Manchester City Adalah Walker Bukan Jesus

Pahlawan kemenangan Manchester City atas Liverpool di Community Shield tadi malam adalah Kyle Walker, bukan Gabriel Jesus. Lihat fotonya.

Memang betul bahwa Gabriel Jesus, striker Brasil itu, mencetak gol dalam posisinya selaku eksekutor kelima adu penalti dalam sesi nasib-nasiban setelah 90 menit pertandingan di Wembley Stadium itu usai dengan skor 1-1.

Tapi sesungguhnya pahlawan kemenangan Manchester City atas Liverpool adalah Kyle Walker, bek Inggris berusia 29 tahun asal Sheffield. Dia tak ikut serta sebagai salah satu penendang di babak adu penalti, tapi jika bukan karena jasanya, The Skyblues sudah kalah 2-1 di tangan Liverpool.

Adegan di bawah ini merupakan adegan menit ke-94 pertandingan Community Shield. Mohamed Salah yang memang sangat berbahaya itu berhasil memanfaatkan kesalahan bek Nicolas Otamendi, mencuri bola dan masuk ke dalam kotak. Kiper Claudio Bravo ragu-ragu hendak bergerak maju, namun bek John Stones berhasil menutup ruang tembak Mo Salah. Bola memantul dan oh tidak! Salah menyundul bola muntah tadi dan si bundar mengarah ke gawang yang kosong melompong.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Mendadak dari jarak yang lumayan datanglah Kyle Walker ini dengan kecepatan tinggi lalu dengan satu gerakan salto membuang bola sebelum sempat melintasi garis gawang Claudio Bravo. Selamatlah gawang Manchester City. Itu sudah menit 94. Jika sampai Mo Salah berhasil mencetak gol maka tidak akan ada waktu lagi untuk membalaskannya dan Liverpool akan menang 2-1. Tapi gara-gara aksi heroik Kyle Walker, skor tetap 1-1 dan kemudian The Citizens kemudian berhasil menang 5-4 melalui adu penalti. Jadi bisa kita katakan bahwa Walker-lah, bukan Jesus, pahlawan kemenangan Manchester City.

Mo Salah cuma bisa merenungkan adegan tadi. Apa yang salah? Salah tidak salah. Ia sudah cukup beruntung bisa menyundul bola muntah. Tapi refleks Walker yang mencium bahaya dan memutuskan mengejar bola yang jadi penentu pada pertandingan di Wembley Stadium tadi malam. Bayangkan jika tadi itu gol maka The Reds-lah, bukan The Skyblues, yang akan merebut trofi Community Shield musim baru 2019/2020.

Pada sesi adu penalti pemain Belanda Georginio Wijnaldum jadi penyebab kekalahan Liverpool. Ia satu-satunya eksekutor yang gagal melesakkan bola ke dalam gawang Claudio Bravo dari lima penendang The Reds. Skor akhir adu penalti adalah 5-4 untuk keunggulan Manchester City dan untuk tahun kedua beruntun mereka merebut Community Shield. Tahun lalu skuad Guardiola menang 2-0 atas Chelsea.