Pemain AC Milan Lontarkan Pantai Gading ke Puncak Grup D Olimpiade Tokyo

Gilabola.com – Pantai Gading dibuat kerepotan oleh Arab Saudi pada laga perdana Grup D sepak bola Olimpiade Tokyo saat mereka kesulitan mendekati gawang Mohammed Al-Rubaie, sebelum pemain AC Milan ini memastikan negaranya memuncaki klasemen grup yang juga dihuni raksasa Brasil dan Jerman.

Pantai Gading memiliki sejumlah pemain terkenal seperti Amad Diallo dan Eric Bailly yang merumput bagi Manchester United, namun permainan cepat dan tak kenal lelah dari Arab Saudi menyebabkan mereka gagal mencetak gol sepanjang babak pertama.

Faktanya adalah gol pertama dari tim berjuluk si Gajah itu pun merupakan hasil bunuh diri Abdulelah Al Amri, yang berusaha mengamankan satu crossing ke dalam kotak penalti tapi malah menjebol gawangnya sendiri. Beruntung selang satu menit sebelum babak pertama berakhir, Salem Al Dawsari berhasil menyamakan skor 1-1 dengan tembakan ke sudut kiri gawang Eliezer Ira.

Advertisement

Pertandingan di Yokohama Stadium ini seolah-olah akan berakhir dengan skor sama kuat sebelum Amad Diallo, pemain Manchester United yang dibeli dari Atalanta, berkelit beberapa kali untuk mengamankan bola di sisi kanan kotak penalti Arab Saudi, sebelum mengirimkan assist bagi Frank Kessie, yang dengan gaya khasnya memutar tubuhnya dan kemudian melepaskan tembakan yang menjebol gawang lawan. Cuplikan gol itu tersedia di bawah ini.

Pertandingan sebenarnya berlangsung di bawah dominasi al-‘Akhḍar, dengan ball possession mencapai 56 persen. Tapi sementara pasukan hijau-putih itu sangat dominan dengan tiga percobaan gol sepanjang babak pertama dan dua tembakan tepat sasaran, mereka malah gagal melepaskan serangan on target selama paruh kedua permainan.

Dengan hasil kemenangan ini maka negara dengan nama lain Côte d’Ivoire tersebut menempati urutan teratas Grup D sebelum laga Brasil vs Jerman beberapa jam lagi. Eric Bailly dan kawan-kawan kini menjadi salah satu favorit terkuat untuk lolos ke perempatfinal Olimpiade Tokyo.

Pada matchday kedua Minggu 25 Juli 2021, Pantai Gading akan menantang favorit terkuat turnamen dan sekaligus juara bertahan Brasil, sementara Arab Saudi berhadapan dengan Jerman.