Pemain Cadangan Ini Kena Kartu Kuning, Penyebab Penalti Pula

Perkenalkan pemain paling apes Sabtu (26/10) kemarin. Cadangan ini belum turun main tapi sudah kena kartu kuning dan jadi penyebab penalti.

Pertandingan antara Holstein Kiel vs Bochum baru memasuki menit 36 saat sebuah bola out di sisi gawang tuan rumah. Satu pemain berbaik sangka dengan menendang bola masuk kembali ke dalam lapangan. Sayangnya sudah ada teknologi VAR (video asisten wasit) yang bermata nyalang layaknya elang.

Wasit memeriksa layar VAR pada laga Bundesliga 2 tersebut dan menemukan bahwa pemain Holstein Kiel bernama Michael Eberwein menyentuh bola sebelum di bundar sepenuhnya meninggalkan lapangan. Ia terkena kartu kuning dan sang pengadil menjatuhkan hukuman penalti yang diselesaikan secara sempurna oleh Silvere Ganvoula. Skor Holstein Kiel vs Bochum 1-1. Lihat adegan aneh itu di bawah ini.

Advertisement

Apa yang terjadi? Michael Eberwein tengah melakukan pemanasan di belakang gawangnya sendiri selama pertandingan divisi dua Liga Jerman melawan Bochum pada hari Jumat malam (Sabtu dinihari waktu Indonesia) ketika ia melihat bola menjelang keluar lapangan dan menendang balik masuk si bundar agar bisa dimainkan kembali.

Namun, menurut penilaian VAR, Eberwein telah menyentuh bola sebelum si bundar itu sepenuhnya melewati garis, membuat wasit Timo Gerach tak punya pilihan lain kecuali memberikan penalti untuk tim tamu dan memberinya kartu kuning. Ini jenis adegan yang di masa lalu akan terluput dari mata ofisial pertandingan tapi tidak lagi dengan kehadiran kamera VAR di seantero lapangan. Aturan pertandingan menyatakan jika seorang pemain pengganti mengganggu permainan, wasit dapat mengambil tindakan disipliner sepantasnya dan memulai kembali permainan dengan tendangan bebas langsung atau tendangan penalti.

Yang membuat Michael Eberwein membentur-benturkan kepalanya ke dinding adalah, tendangan itu adalah satu-satunya bola hasil sentuhannya dengan jersey Holstein Kiel sejak bergabung dari Fortuna Cologne selama musim panas lalu. Namun dia boleh lega bahwa timnya akhirnya menang 2-1 berkat gol Janni Serra pada babak kedua. Insiden ini mengirim pesan kepada pemain bola di mana pun – VAR ada di seantero lapangan untuk mengawasi Anda.

Ini merupakan insiden kedua dari Bundesliga divisi kedua sepanjang hari Sabtu. Satu peristiwa lain menimpa kiper Hannover Ron-Robert Zieler yang berusaha meninju bola tapi malah meninju buah pelir pemain Karlsruher SC. Cek videonya yang lucu tapi ngilu pada link ini.