Pemain Incaran Barcelona Menangkan Golden Boy 2018

Pemain Incaran Barcelona Menangkan Golden Boy 2018

Gilabola.com – Pemain incaran Barcelona yang menjadi kapten Ajax pada usia 19 tahun telah memenangkan Penghargaan Golden Boy 2018 sebagai pemain U-21 paling menjanjikan di Eropa. Siapa?

Matthijs de Ligt masih berusia 19 tahun tapi ia sudah menjadi kapten skuad Amsterdam dan sudah mencacatkan 13 penampilan bersama tim nasional senior Belanda.

Media asal Italia Tuttosport menetapkan penghargaan Golden Boy setiap tahunnya dengan pemenang ditentukan oleh sebuah panel internasional berisi wartawan olahraga dari berbagai negara.

Musim lalu, penyerang muda Paris Saint-Germain Kylian Mbappe meraih perhargaaan tersebut dan ia terbukti memainkan peran kunci pada kesuksesan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia.

Matthijs de Ligt jadi bek pertama yang dapat penghargaan Golden Boy

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

De Ligt mengalahkan empat kandidat lainnya, di antaranya adalah pemain sayap AS Roma Justin Kluivert, bintang muda Liverpool Trent Alexander-Arnold, striker Real Madrid Vinicius Junior, dan striker AC Milan Patrick Cutrone.

Keberhasilan tersebut menjadi sejarah tersendiri. De Ligt merupakan bek pertama yang diaugerahi penghargaan Golden Boy tersebut.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003, pemenang trofi Golden Boy selalu penyerang atau gelandang. Tercatat ada tujuh pemain depan dan delapan pemain tengah yang telah memenangkannya. De Ligt adalah bek pertama yang merebut penghargaan ini.

De Ligt adalah jebolan akademi Ajax dan telah dikaitkan dengan banyak klub top di Eropa, termasuk Juventus, Barcelona, Bayern Munchen dan Paris Saint-Germain.

Nilai transfernya sudah menyentuh lebih dari 60 juta euro (984 miliar rupiah) dan akan menerima penghargaan Golden Boy di Turin pada hari Senin (17/12) waktu setempat.

Musim ini De Ligt telah bermain sebanyak 27 kali untuk Ajax di semua kompetisi, mencetak tiga gol dan menyumbangkan satu assist.

The Golden Boy adalah penghargaan yang diberikan oleh wartawan olahraga kepada pemain sepak bola muda yang bermain di Eropa yang paling mengesankan selama satu tahun kalender. Semua kandidat harus berusia di bawah 21 tahun dan bermain di kasta teratas liga negara Eropa.