Pemain Terbaik FIFA dan Gelandang Barcelona Bawa Belanda Menang

Pemain Terbaik FIFA dan Gelandang Barcelona Bawa Belanda Menang

Belanda menang 2-1 atas Jepang tadi malam berkat dua gol dari Pemain Terbaik FIFA. Satu di antaranya dicetak pada menit terakhir!

Oranje mengakhiri perlawanan tim Asia terakhir di Piala Dunia Wanita 2019 setelah menang 2-1 atas Jepang pada babak 16 besar hari Rabu (26/6). Dengan hasil ini maka Belanda memastikan diri lolos ke babak berikutnya sekaligus mengirim Jepang pulang kampung.

Selang beberapa jam sebelumnya Italia mengandaskan perlawanan China dengan skor 2-0. Dengan demikian tak ada lagi wakil Asia di babak perempat final. Empat partai di babak delapan besar Piala Dunia Wanita 2019 akan berlangsung antara Jerman vs Swedia, Italia vs Belanda, Norwegia vs Inggris dan Prancis vs Amerika Serikat.

Selain tak ada wakil Asia, wakil Afrika terakhir Nigeria juga dikandaskan oleh Jerman dengan skor 3-0 setelah sebelumnya Inggris mengakhiri mimpi Kamerun dengan skor sama dalam sebuah pertandingan yang kontroversial dan diwarnai tudingan rasis.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Lieke Martens, pemain terbaik FIFA pada tahun 2017, menyumbangkan dua gol kemenangan Oranje atas Samurai Biru pada pertandingan tadi malam di Montpellier. Ini merupakan hasil yang sangat mematahkan hati para pemain Jepang karena mereka memberikan perlawanan tangguh dan laga seolah-olah akan dilanjutkan dengan extra time.

Babak pertama laga 16 besar Piala Dunia Wanita antara Belanda vs Jepang itu usai dengan skor 1-1 setelah gol Lieke Martens pada menit 17 dibalas oleh Yui Hasegawa pada dua menit jelang paruh pertama berakhir.

Lalu pada menit 90 tembakan kuat dari Vivianne Miedema mengenai lengan Saki Kumagai dari jarak dekat. Tidak ada yang bisa dilakukan bek Jepang soal handball itu dan keputusan wasit Honduras Melissa Borjas terasa kejam, memberi penalti di menit terakhir.

Menurut aturan baru FIFA yang diperkenalkan pada 1 Juni, sebuah penalti diberikan untuk handball terserah apakah hal itu disengaja atau tidak. Hukuman penalti terhadap Jepang itu adalah keputusan yang benar dan VAR mengonfirmasi keputusan tersebut.

Lieke Martens – yang bergabung menjadi gelandang Barcelona pada tahun 2017 – berhasil mengubah penalti menjadi gol dan ini merupakan balas dendam Oranje  terhadap Samurai Biru untuk kekalahan pada tahap yang sama dari turnamen ini empat tahun lalu ketika mereka melakukan debut Piala Dunia. Belanda sekarang akan menantang Italia di Valenciennes pada hari Sabtu.