West Ham United: Declan Rice Tinggalkan Irlandia Gabung Timnas Inggris

Pemain West Ham United Tinggalkan Irlandia Pilih Gabung Timnas Inggris

Bintang West Ham United, Declan Rice, putuskan untuk ajukan pengubahan pendaftaran internasionalnya kepada FIFA dari Timnas Irlandia ke Timnas Inggris.

Declan Rice yang lahir di London telah mewakili Irlandia di banyak level kelompok usia – bahkan sejak timnas U-16, selain tampil dalam tiga pertandingan untuk tim senior.

Namun, tak satupun dari tiga pertandingan yang dibela Declan Rice tersebut yang berasal dalam ajang kompetitif. Sementara, bintang muda berusia 19 tahun itu memenuhi syarat untuk bisa mewakili Timnas Inggris.

Manajer Timnas Irlandia, Mick McCarthy, mengatakan pada Desember lalu bahwa ia telah menggelar pertemuan produktif dengan Declan Rice dan keluarganya, serta berniat membangun timnya bersama Rice yang ia yakini bisa menjadi kapten tim nasional suatu hari.

Gareth Southgate Memang Sudah Dekati Rice

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Sementara itu pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memang telah mendekati Rice selama beberapa waktu untuk membela negara tempat kelahirannya. Mick McCarthy pun menyatakan, keputusan besar seperti yang dilakukan Rice itu merupakan sesuatu yang ‘luar biasa’ bagi anak muda seperti dia.

Rice sempat mengunggah postingannya di akun media sosial pada Rabu (13/2) sore waktu setempat, yang mengonfirmasikan niatnya untuk mewakili Timnas Inggris di tingkat senior. Ia bahkan menulis cukup panjang untuk jelaskan keputusannya tersebut.

Sedangkan Asosiasi Sepakbola Irlandia juga mengonfirmasikan berita ini dalam sebuah pernyataan singkat. “Declan telah menelepon saya hari ini, dan mengatakan dia telah memutuskan untuk berkarir di sepakbola internasional bersama Inggris. Semoga dia beruntung,” ujar Mick McCarthy.