Perkenalkan, Legenda Makedonia di Euro 2020 yang Bahkan Lebih Tua dari Negaranya

Gilabola.com – Goran Pandev dikenal sebagai pemain Makedonia terhebat sepanjang masa. Di usianya yang sudah 37 tahun, bintang Genoa itu masih akan terlibat di Euro 2020.

Pandev yang akan membela Makedonia Utara di turnamen ini, bahkan memiliki usia yang lebih tua dibandingkan negara yang diwakilinya. Namun veteran yang pernah membela Inter Milan itu menjadi pemain kunci yang membawa negaranya lolos kualifikasi Euro 2020 lewat gol kemenangan yang dibukukannya dalam final playoff melawan Georgia beberapa waktu lalu. Berkat gol tersebut, Pandev kian memperkuat statusnya sebagai pahlawan nasional Makedonia Utara.

Lahir di negara sosialis Makedonia yang pernah menjadi bagian dari Yugoslavia, Pandev habiskan sebagai besar karirnya di sepak bola bersama klub-klub Italia, di mana ia pernah membela tim-tim terbaik di negara tersebut.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Selain Inter, dia juga pernah menjadi bintang Lazio, Napoli dan klub Turki Galatasaray, sebelum akhirnya kembali ke Italia pada tahun 2015 dan membela Genoa, di mana dia masih merumput sampai saat ini.

Penyerang legendaris ini juga pernah menjadi bagian dari tim terbaik Inter saat mereka menangkan treble bersama Jose Mourinho di musim 2009/10 – treble pertama dalam sejarah sepak bola Italia.

Channel Gilabola di Youtube

Dia juga mainkan peran krusial, meskipun biasanya menjadi striker bayangan. Pasalnya, dia ditempatkan lebih ke dalam, bekerja keras membantu pertahanan dan mendapat kepercayaan penuh dari manajer asal Portugal yang kini mengasuh AS Roma tersebut.

Pandev juga menjadi pemain Makedonia pertama yang mencetak 100 gol di salah satu liga papan atas di sepak bola Eropa tersebut.

Setelah Makedonia Utara merdeka dari Yugoslavia pada tahun 1991, maka kini Goran Pandev pun TUJUH TAHUN lebih tua dibandingkan negaranya.

“Bagi kami semua, ini mimpi yang menjadi kenyataan di mana kami bisa berlaga di Euro,” tandas Pandev usai lolos kualifikasi beberapa waktu lalu, seperti dilansir talkSPORT.

“Saya hanya ingin membantu rekan-rekan saya, karena ini tim yang masih sangat muda, sekelompok pemain yang luar biasa dan mereka pantas mendapatkannya,” ungkap Pandev sembari menegaskan bahwa usia hanyalah sebatas angka.

Gol perdana Timnas Makedonia Utara di kualifikasi Kejuaraan Eropa tercipta pada tanggal 7 September 1994 oleh Mitko Stojkovski. Saat itu, Makedonia Utara menjamu Denmark di ibukota Skopje. Namun gol Pandev, di bulan Februari, menjadi gol yang paling penting dalam sejarah Timnas Makedonia Utara.

Dia sebelumnya juga pernah mencetak gol-gol penting, termasuk gol-gol yang pernah mempermalukan Jerman di Kualifikasi Piala Dunia. “(Salah satunya di laga melawan Georgia) menjadi gol terindah saya, karena akhirnya kami lolos kualifikasi sebuah turnamen besar,” ujar Pandev.

Ia pun ikut membela Makedonia Utara bertarung di turnamen besar pertama mereka sebagai sebuah negara merdeka musim panas ini. Dengan 118 caps atas namanya, dan mencetak 37 gol, Goran Pandev benar-benar menjadi andalan dan pemimpin negaranya.

Pandev selama ini diakui atas prestasi dan kontribusinya dalam mengembangkan serta mempopulerkan olah raga di Makedonia. Ia bahkan pernah mendapat penghargaan dari negaranya pada tahun 2009 terkait hal ini.

Kita bisa dimaafkan karena tak mengenal siapa saja pemain sepak bola yang masuk dan keluar dari skuad Makedonia, namun Pandev bulanlah satu-satunya pemain berbakat dari negara tersebut. Mereka masih punya pemain Napoli Elmas, striker Mallorca Aleksandar Trajkovski dan sayap belakang Leeds United Ezgjan Alioski, yang juga masuk dalam Timnas Makedonia Utara di gelaran Euro 2020 ini.

Rakyat Makedonia tentunya berharap akan dapatkan trofi besar pertama mereka di dunia sepak bola, dan merasa para pahlawan mereka itu pantas dapatkan kesempatan tersebut.

AHABET
AHABET