Perkenalkan Stephanie Frappart, Satu-satunya Ofisial Perempuan di Euro 2020

Gilabola.com – Euro 2020 akan dimulai dalam waktu 10 hari lagi dengan pertandingan pertama Turki vs Italia di Stadio Olimpico, Roma. Dari sekian puluh wasit pada turnamen ini terselip satu wasit perempuan berkualifikasi FIFA, Stephanie Frappart.

Perempuan Perancis ini mengejutkan seluruh dunia saat dipilih oleh UEFA untuk menjadi pengadil dalam laga Super Cup Eropa 2019 antara Liverpool vs Chelsea. Setelah itu ia mengambil bagian sebagai wasit pemimpin laga kualifikasi Liga Champions saat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menghadapi tantangan dari Dynamo Kyiv pada tahun 2020.

Usai dua penampilan mengesankan di sepak bola laki-laki tersebut, Frappart juga dipilih menjadi pengadil dalam laga Belanda vs Latvia pada bulan Maret 2021 untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Sayang sekali, untuk Euro 2020 ini Stephanie Frappart tidak bisa kita saksikan di atas lapangan dengan satu-satunya peran yang akan ia ambil adalah menjadi ofisial pendukung atau ofisial keempat. Artinya jika ada hakim garis atau wasit pemimpin pertandingan yang mendadak berhalangan, wasit berusia 37 tahun ini akan masuk ke lapangan.

Total ada 19 set wasit, artinya satu wasit kepala dan dua hakim garis, disiapkan untuk Euro 2020. Kontingen asal Jerman, Inggris, Belanda dan Spanyol tampak mencolok mata karena hadir dengan dua tim sekaligus, enam orang. Tentu mereka tidak akan memimpin pertandingan yang melibatkan tim nasionalnya.

Channel Gilabola di Youtube

Selan 19 tim wasit, disiapkan pula delapan tim ofisial yang akan memelototi layar VAR, selain enam tim ofisial keempat atau pendukung. Dalam konfigurasi inilah Stephanie Frappart berada. Tampaknya masih jauh pengadil perempuan akan memimpin laga putaran final turnamen besar seperti Euro dan Piala Dunia.

AHABET
AHABET