Pintu Timnas Spanyol Tetap Terbuka untuk Jordi Alba

Berita Bola, Timnas Spanyol, Luis Enrique, Jordi Alba
Gilabola.com - Luis Enrique akan panggil lagi mantan anak asuhnya di Barcelona, Jordi Alba, dalam laga-laga Timnas Spanyol di masa mendatang.

Gilabola.com – Pintu Timnas Spanyol tetap terbuka untuk bek kiri Barcelona, Jordi Alba. Demikian ungkap pelatih Luis Enrique.

Luis Enrique dikabarkan ingin mengirim pesan pada bek kiri Jordi Alba – yang jelas-jelas bekas anak asuhnya di Barcelona, dan diskusikan secara terbuka soal kegalauannya pada tahun terakhir pelatih di Camp Nou.

Luis Enrique juga ingin Jordi Alba punya komitmen 100 persen pada proyek La Furia Roja yang baru. Penampilan Alba tentunya tak perlu diragukan lagi, tapi Enrique belum lelah untuk mengulang pernyataannya bahwa ‘sikap yang baik’ sama pentingnya dengan kualitas di atas lapangan.

Enrique mengaku punya keraguan pada Alba dalam hal itu, dan percaya dengan meninggalkannya dari Timnas Spanyol saat akan membuatnya kembali dengan ‘rasa lapar’ untuk bertarung dan mencetak gol, serta patuh pada ide-ide staf pelatih yang baru. Pelatih juga ingin dia kembali masuk ke tim nasional, dan dengan peringatan ini Enrique berharap pemain Barcelona itu akan berubah, karena pelatih 48 tahun tersebut sangat mengenal Alba setelah sempat habiskan tiga tahun bersamanya di Camp Nou.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Namun, Enrique belum bisa pastikan kapan Alba akan kembali ke skuad Timnas Spanyol yang kini diasuhnya. Kemungkinan besar Alba bisa gabung ke markas La Furia Roja saat jeda internasional kembali digelar Oktober mendatang, di mana Spanyol akan bertemu Inggris dan Wales. Atau, kemungkinan juga pada November 2018 saat Spanyol hadapi Kroasia dan Bosnia Herzegovina.

Bahkan bisa meregang hingga Maret, ketika kualifikasi dimulai untuk Euro 2020, jika Luis Enrique benar-benar ingin membuat poin. Tapi semuanya menunjukkan bahwa Alba akan kembali sebelum itu.

Spanyol bahkan bisa punya jadwal padat hingga Maret tahun depan, di mana akan dimulainya kualifikasi Euro 2020, jika Enrique benar-benar ingin tentukan waktunya. Tapi, Alba diperkirakan bisa kembali ke Timnas Spanyol sebelum itu.

Marcos Alonso Mengecewakan

Dari dua pertandingan Spanyol di pekan ini menunjukkan, Alba kemungkinan besar akan segera kembali ke skuad Spanyol. Sayap kiri La Roja tampak lemah setelah ia tak bermain di laga melawan Inggris dan Kroasia.

Marcos Alonso tidak memuaskan di Wembley. Enrique bahkan terlambat menariknya keluar dan digantikan bek tengah, Inigo Martinez, untuk memperkuat lini pertahanan Spanyol.

Lalu di laga melawan Kroasia di Elche, Jose Luis Gaya yang dimainkan. Bek sayap Valencia itu punya kualitas sama dengan Alba dan bekerja lebih baik. Kenyataannya, bahkan sebelum penunjukan Luis Enrique, Gaya selalu berada di deretan pemain pengganti di skuadnya, dan ini tak jauh berbeda dengan Alba.

Absennya Alba juga memberi dampak negatif pada Isco. Penampilannya menjadi salah satu dari beberapa hal positif di Piala Dunia 2018, tapi Isco seakan kehilangan Alba dalam dua laga terakhir. Isco tampak tidak nyaman dalam bertanding, khususnya saat mereka datang ke Wembley, karena Isco kehilangan pendukung di lapangan.

Enrique dan timnya tentunya akan mengevaluasi dua laga Timnas Spanyol melawan Inggris dan Kroasia sesegera mungkin setelah mereka kembali ke Las Rozas. Kemungkinan besar mereka akan sampai pada kesimpulan bahwa Alba punya nilai plus yang tidak bisa ditinggalkan Timnas Spanyol.

Dukungan dari Rekan Satu Tim

Faktor lain yang mendukung Alba adalah dukungan dari rekan-rekannya di Spanyol, yang mengaku mereka merindukannya di dalam kamp latihan, ​​walau para pemain itu juga menambahkan bahwa mereka hormati keputusan Luis Enrique.

Mulai dari Sergio Busquets dan Sergi Roberto, hingga ke pemain kelas berat dari Real Madrid seperti Sergio Ramos, semuanya merindukan sosok Alba di tengah-tengah mereka. Alba memang dikenal sangat disukai di ruang ganti Spanyol dan selalu membantu menciptakan suasana yang lebih baik.