Portugal Bantai Turki, Sukses Melaju ke 16 Besar Euro 2024

Gila Bola – Hasil Turki vs Portugal di laga kedua Grup F Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Signal Iduna Park, Sabtu (22/6) malam, berakhir dengan skor 0-3.

Portugal berhasil menggeser Turki dari posisi teratas klasemen grup setelah menang telak malam ini. Gol-gol Portugal tercipta lewat aksi Bernardo Silva di menit ke-21, gol bunuh diri Samet Akaydin di menit ke-28 dan Bruno Fernandes di menit 55.

Cristiano Ronaldo sempat mencuri perhatian saat ia menyodorkan bola ke arah Bruno. Meskipun ia hanya berhadapan dengan kiper Turki, Altay Bayindir, dan punya peluang besar untuk mencetak gol atas namanya sendiri.

Namun, CR7 malah sodorkan bola ke arah Bruno yang berdiri lebih bebas, hingga gelandang 29 tahun itulah yang mencatatkan namanya di papan skor.

Berkat kemenangan telak ini, Portugal kini berada di puncak klasemen Grup F dengan koleksi pon enam. Sementara Turki menempel di urutan kedua dengan tiga poin.

Mengancam Sejak Kickoff, Gawang Turki Malah Kebobolan

Portugal sudah mengancam gawang Turki di menit-menit awal. Turki harusnya bisa memimpin di awal pertandingan, tetapi upaya membangun serangan di depan gawang Portugal gagal membuahkan hasil.

Setelah beberapa kali berhasil membendung upaya mencetak gol Turki di lini tengah, Portugal lakukan serangan balik.

Bernardo Silva berhasil memanfaatkan bola yang awalnya gagal dijangkau Ronaldo dan menyarangkannya ke gawang Bayindir. GOL!! Portugal memimpin 1-0 di menit 21.

Pemain Turki OG, Golnya Nggak Banget!

Alih-alih samakan kedudukan gawang Turki malah kembali kebobolan. Kali ini, karena gol bunuh diri Samet Akaydin.

Setelah awalnya berhasil menahan gempuran Portugal, Akaydin berusaha mengoper bola kepada sang kiper. Namun, miskomunikasi membuat kiper bergerak ke arah yang berbeda, dan bola pun meluncur masuk ke gawangnya sendiri. GOL!! Portugal pun unggul 2-0 di menit 28.

Tak terima gawangnya dibobol dua gol Portugal, para pemain asuhan Vicenzo Montella itu berusaha mengejar ketertinggalan mereka. Namun, berkali-kali upaya mereka berhasil digagalkan Pepe dan kawan-kawan.

Ronaldo Tak Egois, Sodorkan Bola pada Bruno, Portugal Tambah Satu Gol Lagi!

Apes bagi Turki,┬áPortugal berhasil menambah satu gol lagi di menit ke-55. Sesaat setelah Ronaldo – yang sudah berhadapan dengan kiper Turki, menyodorkan bola ke arah Bruno Fernandes, pemain Manchester United itu langsung memanfaatkannya dan sukses menambah keunggulan Portugal menjadi 3-0. GOL!!

Meskipun sudah kebobolan tiga gol lawan, para pemain Turki terus tampil ngotot dan berjuang ekstra keras untuk mengejar ketertinggalannya. Namun, Portugal terus memperketat penjagaannya hingga tak satupun upaya Turki yang membuahkan hasil.

Susunan Pemain Turki vs Portugal

  • Timnas Turki (4-2-3-1): Altay Bayindir; Mehmet Zeki Celik, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan, Hakan Calhanoglu; Yunus Akgun, Orkun Kokcu, Kerem Akturkoglu; Burak Yilmaz.
  • Timnas Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Nuno Mendes, Ruben Dias, Pepe, Joao Cancelo; Vitinha, Joao Palhinha, Bruno Fernando; Rafael Leao, Cristiano Ronaldo, Bruno Silva.