Prediksi AS Roma vs Ajax Amsterdam, Selamatkan Wajah Italia di Sepak Bola Eropa

Gila Bola – Menyusul kemenangan leg pertama di Amsterdam pekan lalu, AS Roma akan menyambut pemuncak klasemen Eredivisie Ajax di Stadion Olimpico pada Jumat (16/4) WIB, dengan satu tempat di semifinal Liga Europa dipertaruhkan.

AS Roma merupakan satu-satunya klub Serie A yang masih tersisa di kompetisi antarklub Eropa (Liga Champions dan Liga Europa) dan mereka sebagai tim ibukota punya beban untuk menjaga wajah sepak bola Italia dan diharapkan melangkah jauh di Liga Europa ini.

Pratinjau Pertandingan

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Terlepas dari penampilan yang tidak meyakinkan di Johan Cruijff ArenA pada Jumat (9/4) lalu, Roma meraih kemenangan kelima berturut-turut di Liga Europa usai bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan tim Ajax yang sebelumnya tak terkalahkan pada 2021.

Davy Klaassen sempat membawa tuan rumah unggul menit ke-39, namun upaya Lorenzo Pellegrini menit ke-57 dan Roger Ibanez tiga menit jelang bubaran membuat tim ibukota Italia berhasil menang 1-2 di Amsterdam, dengan laga itu diwarnai keberhasilan Pau Lopez menepis penalti Dusan Tadic dan adanya pelemparan bola oleh seorang ballboy tuan rumah pada bek tim tamu, Riccardo Calafiori.

AS Roma memang menarik di Liga Europa mereka. Pasukan Paulo Fonseca sebenarnya tengah terseok-seok di Serie A, kalah beruntun melawan Parma dan Napoli dan imbang 2-2 melawan Sassuolo, tapi mereka bisa terus menjaga 100 persen kemenangan di fase gugur, mengalahkan Braga (agregat 5-1), Shakhtar Donetsk (agregat 5-1) dan Ajax (skor sementara 1-2).

Di sisi lain, Ajax sebenarnya berada dalam performa luar biasa jelang leg pertama lalu, menang beruntun di tujuh pertandingan di semua kompetisi untuk juga membawa mereka memuncaki klasemen Liga Belanda dengan keunggulan 11 poin, tapi secara mengejutkan rekor kemenangan beruntun mereka terhenti di tangan Roma. Tapi selama akhir pekan, mereka bisa bangkit denagn kemenangan 0-1 atas Waalwijk berkat gol tunggal Sebastian Haller, yang mirisnya gagal bermain di Liga Europa karena kesalahan administrasi klub.

Rekor Pertemuan

Ajax dan AS Roma telah berhadapan satu sama lain hanya dalam tiga kesempatan, dengan kedua tim masing-masing berhasil meraih satu kemenangan. Sebelum pertemuan leg pertama lalu, kedua tim bertemu pada musim 2002/2003, tim Belanda menang 2-1 di Amsterdam dan tertahan 1-1 di Roma.

Berita Tim

Marash Kumbulla dan Nicolo Zaniolo cedera saat ini dan harus absen dari pertandingan melawan Ajax pekan ini. Bruno Peres juga menjalani skorsing saat ini dan akan dikeluarkan dari skuad. Chris Smalling dan Leonardo Spinazzola meragukan.

Daley Blind, Perr Schuurs dan Noussair Mazraoui absen untuk tim tamu karena cedera. Andre Onana tetap tak tersedia karena kasus doping, sementara Sebastian Haller absen karena kesalahan klub mengurus administrasinya.

Perkiraan Pemain

AS Roma XI (3-4-3): Pau Lopez; Ibanez, Bryan Cristante, Gianluca Mancini; Riccardo Calafiori, Amadou Diawara, Jordan Veretout, Rick Karsdorp; Pedro, Lorenzo Pellegrini, Edin Dzeko

Ajax XI (4-3-3): Kjell Scherpen; Nicolas Tagliafico, Lisandro Martinez, Jurrien Timber, Devyne Rensch; Edson Alvarez, Ryan Gravenberch, Davy Klaassen; David Neres, Dusan Tadic, Antony

Prediksi

Roma telah memenangkan 8 dari 9 pertandingan terakhir mereka di Liga Europa dan memenangkan semua laga fase gugur mereka dengan rekor kemenangan 100 persen. Mereka juga mencetak setidaknya 2 gol dalam 8 dari 9 pertandingan terakhir mereka di kompetisi ini.

Ajax sebenarnya berada dalam performa bagus, memenangkan 8 dari 9 pertandingan mereka di semua kompetisi, tapi satu-satunya kekalahan mereka derita saat dipermalukan Roma dengan skor 1-2 selama pertemuan leg pertama di Amsterdam.

Ajax tampil luar biasa di liga musim ini tetapi belum benar-benar mampu mereplikasi performa mereka di Liga Europa. Justru Roma yang menunjukkan performa moncer di kompetisi ini meski mereka terseok-seok di kompetisi domestik.

Ajax mungkin saja bisa membalaskan satu gol, tetapi sulit untuk mengharapkan mereka mampu membalikkan defisit. Mereka tidak terkalahkan di 14 laga tandang terakhir mereka jadi Roma tidak benar-benar berada dalam situasi nyaman jelang pertemuan kedua di kandang ini.

Prediksi Skor : Roma 1-1 Ajax