Prediksi Grup B Euro 2020: Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku Akan Dihadang Denmark

Gilabola.com – Generasi emas Belgia perlu berhati-hati menghadapi Denmark, yang pelatihnya gemar mengganti formasi dan strategi sementara pertandingan berlangsung. Sementara Finlandia dan Rusia diperkirakan sulit memberi kejutan. Inilah analisis dan prediksi Grup B Euro 2020.

Grup B terdiri dari Denmark, Finlandia, Rusia dan Belgia. Mereka akan menjadi grup kedua, setelah Grup A, yang akan memulai laganya di Euro 2020, diawali dengan pertandingan Denmark vs Finlandia pada 13 Juni 2021 tengah malam WIB.

Belgia akan menjadi pusat perhatian di Grup B karena tiga alasan. Satu, Belgia adalah tim urutan teratas ranking FIFA, mengungguli Perancis pada posisi kedua dan Brasil yang menduduki ranking ketiga.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Kedua, Belgia adalah satu-satunya tim ranking atas FIFA yang belum pernah merebut trofi turnamen besar. Posisi terbaiknya adalah runner up Piala Eropa pada tahun 1980, urutan ketiga Piala Eropa 1972. Sementara pada Euro 2016 mereka lolos sampai ke perempat final.

Alasan ketiga, generasi emas Belgia sudah mendekati usia 30 tahun sehingga Euro 2020 ini akan menjadi kesempatan terakhir untuk memenangkan trofi. Mereka hampir saja mencatatkan sejarah, melaju ke semi final Piala Dunia 2018 sebelum dikalahkan Perancis, dan kemudian menang 2-0 atas Inggris dalam perebutan tempat ketiga.

Channel Gilabola di Youtube

Gelandang ternama Kevin De Bruyne sudah berusia 29 tahun, Romelu Lukaku 28 tahun, Eden Hazard 30 tahun.

Manajer Roberto Martinez akan dipaksa menurunkan skuad yang sedikit berbeda karena Eden Hazard dan Kevin de Bruyne, serta Axel Witsel masih cedera, selang tiga hari sebelum laga pertama Euro 2020.

Profil Manajer Belgia Roberto Martinez

Mantan bos Swansea City, Wigan dan Everton Roberto Martinez menjadi manajer tim nasional Belgia, setelah ditunjuk pada tahun 2016. Pelatih Spanyol itu membawa Belgia ke urutan ketiga pada Piala Dunia 2018, finish terbaik The Red Devils sejauh ini bersama Roberto Martinez.

Denmark Diprediksi Mengejutkan

Rival terberat Belgia di Grup B seharusnya adalah Denmark. Tim asal Skandinavia ini beberapa tahun terakhir telah mengembangkan karakteristik permainan berbasis kepemilikan bola dan aliran serangan yang lebih baik di kedua sisi sayap di bawah arahan manajer baru, Kasper Hjulmand. Ia mengambil alih posisi pelatih Denmark dari tangan Age Hareide pada tahun 2020. Hjulmand sangat terkenal karena gemar mengubah formasi sementara pertandingan berlangsung. Belgia perlu berhati-hati, jangan sampai mereka kalah lawan Denmark.

Tim baju merah ini sangat terkenal karena mereka adalah juara Euro 1992 di Swedia. Lebih sensasional lagi karena Denmark sebenarnya gagal lolos kualifikasi, tapi dipanggil masuk untuk menggantikan Yugoslavia, yang tengah menghadapi perang saudara di negerinya. Pemanggilan timnas Denmark terjadi 10 hari sebelum kick-off pertama turnamen dimulai dengan sebagian besar pemain Denmark sudah sampai di lokasi liburan mereka masing-masing.

Terulangnya keajaiban tahun 1992 sepertinya tidak mungkin terjadi meski pun Parken Stadium di Kopenhagen akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan penyisihan grup melawan Finlandia, Belgia dan Rusia.

Tetapi Denmark memiliki tim sangat berbakat dengan pengalaman Premier League, Serie A dan La Liga di belakangnya dan dengan demikian tidak bisa diremehkan. Ada kiper Kasper Schmeichel di belakang pasangan bek tengah Simon Kjaer dan Andreas Christensen, sementara lini tengah Pierre-Emile Hojbjerg dan Christian Eriksen memberi suplai untuk pemain Barcelona, Martin Braithwaite atau pemain RB Leipzig Yussuf Poulsen.

Penampilan Perdana Finlandia

Ini adalah penampilan pertama Finlandia di turnamen besar. Inti dari pasukan mereka adalah para pemain yang sudah bersama sama sejak Piala Eropa U21 tahun 2009. Jadi mereka terbiasa bermain bersama sejak muda, kompak, dan sulit untuk ditembus.

Skenario impian bagi Finlandia adalah penampilan seperti Wales pada tahun 2016, ketika semangat tim dan sikap pantang menyerah membawa Gareth Bale dan kawan-kawan sampai ke semifinal. Belgia dan Denmark perlu berhati-hati dengan lini pertahanan mereka yang kuat, yang bisa membuat frustrasi.

Nasib Rusia Tak Menentu

Rusia menderita dan bangkit kembali dalam lima tahun terakhirnya. Mereka finish di urutan terbawah penyisihan grup Euro 2016, sebelum lolos sampai ke perempat final Piala Dunia 2018 yang berlangsung di negaranya sendiri.

Rusia adalah satu dari sedikit tim yang masih bermain dengan pola serangan bola bola panjang ke depan. Itulah sebabnya ada striker jangkung hampir 2 meter Artem Dzyuba di lini depan.

Namun penundaan Euro 2020 selama satu tahun memberi lebih banyak kerugian daripada keuntungan pada pasukan Stanislav Cherchesov. Momentum heroik saat mereka menyingkirkan Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 sudah lama hilang dari memori para pemain.

Para pendukung Rusia sekarang melihat tim nasional mereka sebagai sekelompok pemain medioker. Alasannya sangat jelas. Mereka kalah 5-0 dari Serbia pada laga terakhir tahun 2020 (enam hari setelah keduanya bermain imbang dalam pertandingan persahabatan di Moldova). Pada bulan Maret 2021, dua kemenangan kualifikasi Piala Dunia berturut-turut diikuti dengan kekalahan di tangan Slovakia.

Rusia sudah terbiasa tampil tanpa prestasi di turnamen besar. Selain mencapai semifinal pada 2008, mereka gagal lolos dari penyisihan grup pada 1996, 2004, dan 2012. Harapan kali ini terhadap Rusia juga tidak jauh lebih baik.

Pemain Bintang Grup A Euro 2020 

Perhatian akan tertuju pada Eden Hazard. Dengan usianya sudah 30 tahun maka ini bisa menjadi penampilan internasional terakhirnya bagi Die Roten Teufel. Eden Hazard meraih Bola Perak, atau Silver Ball, pada Piala Dunia 2018, sebagai pemain kedua terbaik. Namun ia tampil mengecewakan di Real Madrid sejak kepindahannya dari Chelsea pada 2019. Performanya yang buruk menyebabkan ia absen dari starting XI Belgia selama 18 bulan tapi Roberto Martinez kemungkinan besar akan memberi kesempatan kedua di Euro 2020.

Sementara itu Kevin De Bruyne mungkin akan absen pada laga pertama Belgia melawan Rusia, akibat cedera pada tulang mata dan tulang hidungnya. Striker Inter Milan Romelu Lukaku diperkirakan akan mendapatkan ban kapten jika Eden Hazard juga absen.

Laga Wajib Tonton Grup B

Pertandingan paling ditunggu di Grup B adalah Denmark vs Belgia pada 18 Juni 2021 pukul 00.00 WIB. Kedua tim sudah bertemu dua kali di ajang UEFA Nations League, dengan De Rode Duivels memenangkan kedua laga tersebut.

Prediksi Akhir Grup B Euro 2020

Prediksi untuk urutan empat tim di Grup B adalah: Belgia, Denmark, Finlandia dan urutan terakhir Rusia.

Daftar Pemain Muda Mengejutkan di Grup B

Perhatikan Jeremy Doku dan Youri Tielemans dari skuad Belgia. Pemain Leicester City Tielemans adalah satu-satunya yang mencetak gol pada kemenangan final Piala FA atas Chelsea pada 15 Mei 2021. Pemain 24 tahun itu juga mencatatkan satu assist pada kemenangan Leicester City 1-2 di kandang Manchester United, selang empat hari sebelum final Piala FA tersebut. Sementara itu Jeremy Doku yang masih berusia 19 tahun mencetak satu gol dan dua assist pada kemenangan 8-0 Belgia atas Belarusia pada laga kualifikasi Piala Dunia, 30 Maret 2021.

AHABET
AHABET