Prediksi Kroasia vs Skotlandia, Fase Grup D Euro 2020, Rabu 23 Juni 2021

Gilabola.com – Berada di dua tempat terbawah klasemen tanpa kemenangan, Kroasia dan Skotlandia akan berusaha mencari tripoin pertama mereka dalam pertandingan terakhir fase Grup D di Hampden Park pada Rabu (23/6) dini hari WIB.

Kroasia ditahan imbang 1-1 oleh Republik Ceko di laga sebelumnya, sementara laga imbang tanpa gol antara Skotlandia melawan Inggris terasa lebih seperti kemenangan bagi Tartan Army.

Pratinjau Pertandingan

Advertisement

Untuk tim yang melangkah jauh hingga final Piala Dunia 2018 lalu, performa Kroasia di Euro 2020 sejauh ini terbilang mengecewakan. Di laga perdana mereka kalah 1-0 dari Inggris sebelum hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Republik Ceko.

Bahkan mereka harus melihat diri mereka tertinggal lebih dulu melalui penalti Patrick Schick usai pelanggaran Dejan Lovren, sebelum Ivan Perisic menyelamatkan mereka dari kekalahan lewat golnya di babak kedua.

Secara matematis tidak mungkin bagi Kroasia yang berada di posisi ketiga untuk maju sebagai juara grup karena kalah head to head melawan Inggris, harapan terbaik mereka hanyalah finish sebagai runner up dengan harapan Inggris mengalahkan Republik Ceko sementara Kroasia berhasil menjungkalkan Skotlandia dengan kemenangan telak.

Usai dikalahkan Republik Ceko dengan skor 2-0, manajer Steve Clarke mendapatkan saran dari Jose Mourinho untuk memainkan Billy Gilmour sejak awal pertandingan dan nasihat bos Portugal itu terbukti penting.

Gelandang muda Chelsea menyelesaikan pertandingan sebagai man of the match, membantu Skotlandia hanya mengizinkan Inggris melancarkan satu tembakan tepat sasaran selama 90 menit dan mengamankan hasil imbang 1-1. Kini masih ada asa tersisa bagi mereka untuk lolos ke 16 besar dengan kemenangan di pertandingan terakhir Grup D ini.

Rekor Pertemuan

Skotlandia telah menjadi tim yang lebih unggul dalam sejarah pertandingan ini. Mereka tidak terkalahkan dalam lima pertemuan dengan Kroasia, meraih dua kemenangan dan tiga hasil imbang. Kedua negara terakhir bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2014, ketika Skotlandia mengklaim kemenangan 2-0 di Glasgow.

Berita Tim

Tanpa cedera atau masalah suspensi, Kroasia menuju ke pertandingan krusial ini dengan  kekuatan penuh. Borna Barisic melewatkan hasil imbang 1-1 melawan Republik Ceko karena cedera, tetapi diyakini akan cukup fit untuk tampil dalam laga melawan Skotlandia.

Sayangnya bahwa Billy Gilmour harus absen bagi Skotlandia usai terpapar covid-19, padahal gelandang Chelsea itu tampil sebagai man of the match dalam laga imbang kontra Inggris.

Perkiraan Pemain

Kroasia XI (4-3-3) : Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Borna Barisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Ante Rebic, Ivan Perisic

Skotlandia XI (3-5-2): David Marshall; Jack Hendry, Grant Hanley, Kieran Tierney; James Forrest, John McGinn, Scott McTominay, Stuart Armstrong, Andrew Robertson; Lyndon Dykes, Che Adams

Prediksi

Skotlandia punya modal bagus jelang pertemuan ini karena tak pernah kalah di lima pertemuan sebelumnya melawan Kroasia, dan memenangkan kedua pertandingan terbaru antar keduanya, dengan dua laga tersebut terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Kedua tim masih belum tampil cukup mengesankan sejauh ini di turnamen dan akan sangat membutuhkan tiga poin untuk menjaga peluang tipis mereka untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Skotlandia unggul secara head to head, tapi Kroasia unggul secara kualitas dan absennya Billy Gilmour mungkin juga akan kembali mengurangi performa solid Tartan Army seperti saat melawan Inggris.

Prediksi Skor : Kroasia 1-0 Skotlandia