Presiden George Weah Turun ke Lapangan Lawan Nigeria

Berita Bola, George Weah, Timnas Liberia
Gilabola.com - Secara mengejutkan, mantan pemain terbaik FIFA yang juga Presiden Liberia, George Weah, ikut bermain saat tim nasionalnya hadapi Nigeria, meskipun kalah 1-2.

Mantan pemain terbaik FIFA George Weah gagal menyelamatkan Timnas Liberia dari kekalahan 1-2 di tangan Nigeria, hanya beberapa bulan setelah dilantik jadi presiden negara itu.

Presiden anyar Liberia, George Weah, membuat kejutan dengan turun kembali ke kompetisi internasional di Monrovia pada Selasa (11/9), bermain dalam kekalahan 1-2 dari Nigeria, hanya beberapa pekan sebelum ulang tahunnya yang ke-52.

Liberia menggelar sebuah pertandingan persahabatan untuk pensiunkan jersey bernomor 14 yang dikenakan George Weah. Tapi, fans terkejut ketika – setelah 16 tahun tak pernah lakoni laga internasional, sang presiden turun ke lapangan dan mengenakan kaos nomor 14 yang biasa dia pakai sebelumnya.

Advertisement
advertisement
advertisement

Laporan media mengatakan, Weah turun sebagai striker dan menunjukkan sekilas kemampuan olah bola kelas dunianya yang membuat namanya dikenal di seluruh dunia. Ia mendapat tepuk tangan meriah dari para penggemar ketika ia diganti pada menit ke-79.

Gol-gol dari Henry Onyekuru dan Simeon Nwankwo membantu Nigeria unggul 2-0, sebelum tuan rumah mencetak satu gol melalui titik putih yang dieksekusi Kpah Sherman di pengujung pertandingan.

Nigeria menerjunkan tim yang cukup kuat termasuk bintang Leicester City, Wilfred Ndidi, dan gelandang Peter Etebo dari Stoke City. Teman klub Ndidi, Kelechi Iheanacho, juga ikut tampil sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Weah menikmati karir di Eropa yang mencakup hampir satu setengah dekade yang melihatnya bermain untuk AS Monaco, PSG dan Marseille di Prancis, AC Milan di Italia serta klub Liga Inggris, Manchester City dan Chelsea.

Selain dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia tahun 1995, ia juga memenangkan Ballon d’Or pada tahun yang sama dan tetap menjadi satu-satunya pesepakbola asal Afrika yang memenangkan dua gelar individu bergengsi tersebut.¬†Popularitas Weah dari karirnya sebagai pesepakbola membuatnya meraih kemenangan besar dalam pemilihan presiden baru Liberia pada Desember lalu.¬†