Profil Lamine Yamal, Pemain Barcelona 16 Tahun, Dalam 13 Menit Satu Assist, Dua Pra-Assist

Gila Bola – Sudah lihat belum gol-gol 10 menit terakhir Barcelona saat menghadapi Tottenham Hotspur tadi malam. Cari rekamannya dan lihat sendiri. Jangan lupa perhatikan pemberi assist untuk gol kedua, dan pembuka serangan atau pra-assist untuk gol ketiga dan keempat.

Lamine Yamal baru dimasukkan ke atas lapangan pada menit 80, saat Barca tertinggal 1-2 oleh tamunya asal kota London itu dan saat itu mereka berada dalam bahaya akan kehilangan trofi Joan Gamper yang secara tradisional biasanya berhasil dipertahankan di kandangnya.

Sudah sejak 2013, trofi yang diberi nama menurut salah satu pendiri klub itu selalu berhasil dipertahankan dan sampai dengan menit 80, pasukan Ange Postecoglou seolah-olah akan menjadi tim ke-12 yang berhasil merebut trofi pembuka musim itu.

Sampai masuklah pemain 16 tahun ini, yang dipandang remeh bahkan oleh Xavi Hernandez sendiri. Pada tiga keterlibatan laga pramusim sebelum ini, menit bermainnya adalah: tidak diturunkan saat kontra Real Madrid, 24 menit dalam kemenangan 1-0 atas AC Milan dan 11 menit dalam kekalahan 5-3 kontra Arsenal.

Proses Keterlibatan Lamine Yamal Dalam Gol-gol Barcelona

Hanya berselang beberapa belas detik setelah masuk menggantikan Eric Garcia, winger kanan itu menusuk sepanjang sisi lapangan, menahan bola sejenak sebelum mengirim bola anti offside karena dikirimkan sejajar dirinya ke arah Ferran Torres di depan gawang Spurs.

Torres yang merupakan bekas pemain Manchester City itu tinggal mencolek bola untuk menaklukkan Guglielmo Vicario, kiper 26 tahun yang baru saja didatangkan dari Empoli. Skor pun sama kuat 2-2.

Namun saat kita bersiap menghadapi adu penalti, Yamal satu kali lagi mengecoh bekas bek Real Madrid Sergio Reguilon untuk unggul setengah detik di sisi kanan lapangan, sebelum meneruskan bole ke pemain No 11 Torres, yang mengirim si bundar ke depan lari Ansu Fati. Tembakannya memastikan skor berubah 3-2!

Belum cukup! Untuk kali ketiga ia mengirim bola terobosan ke arah Fermin Lopez yang mengirim umpan tarik untuk diselesaikan secara gemilang oleh Abde Ezzalzouli dan mengubah skor menjadi 4-2 saat pertandingan memasuki menit 93.

Abde Ezzalzouli masih 21 tahun. Sementara Fermin Lopez yang mencetak satu gol dan memberi satu assist dalam kemenangan 3-0 atas Real Madrid, 20 tahun. Ansu Fati juga masih 20 tahun. Lamine Yamal bahkan masih 16 tahun dengan ulang tahunnya terjadi pada 13 Juli lalu.

Xavi tidak kekurangan opsi pemain muda di dalam skuad Barcelona yang akan memulai musim baru Liga Spanyol dalam waktu empat hari lagi, 13 Agustus 2023. Tetapi apakah dia berani memainkannya?

Dembele Pergi, Peluang Lamine Yamal Terbuka Lebar

Yamal masuk menggantikan Eric Garcia, bek tengah, saat laga melawan Spurs tersisa 10 menit lagi waktu normal. Namun tugas yang dibebankan Xavi bukan sebagai salah satu pemain bertahan, melainkan winger kanan. Posisi itu ditinggalkan oleh Ousmane Dembele guna mencari gaji yang lebih baik di PSG.

Prospek Yamal sebelum ini sangat kecil untuk bisa menembus skuad utama. Namun kini setelah Dembele pergi, peluangnya menjadi sangat besar. Apalagi setelah menyumbangkan satu assist dan dua pra-assist dalam laga perebutan trofi Joan Gamper melawan Spurs.

Tiga laga pertama untuk musim baru La Liga akan terjadi melawan Getafe, Cadiz dan Villarreal. Sangat besar kemungkinan Yamal akan dimainkan untuk dua dari tiga pertandingan perdana itu.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!